Majalahayah.com – Desinfektan menjadi alat utama dalam menjaga kebersihan rumah dari paparan virus. Ini juga menjadi barang yang paling dicari saat ini karena semakin menyebarnya COVID-19. 

Namun, masih banyak orang mendapati informasi yang kurang tepat terkait desinfektan. Sehingga, menyebabkan penggunaan desinfektan yang kurang tepat.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyatakan, banyak produk rumah tangga umum yang mengandung konsentrasi bahan aktif dan sesuai untuk disinfeksi.

Berikut daftar produk rumah tangga yang bisa dipakai untuk desinfektan : (Foto Tabel) 

Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Ajeng Arum Sari mengatakan, konsentrasi bahan aktif dalam alat rumah tangga tersebut telah terbukti efektif melawan Virus Corona.

Ia menjelaskan, Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang merupakan Virus Corona jenis baru.

Virus Corona juga merupakan virus yang memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak.

“Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut, sehingga membuat Virus Corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat,” ujar Ajeng dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Akurat, Rabu (25/3/2020).

Pihaknya mengimbau masyarakat agar membeli sesuai kebutuhan dan memprioritaskan ketersedian bahan serta produk tersebut untuk kepentingan penanganan medis Covid-19 yang lebih mendesak.