Home Parenting Ini 5 Cara Orang Denmark Mengajak Anak Bermain

Ini 5 Cara Orang Denmark Mengajak Anak Bermain

210
ilustrasi pertumbuhan anak. Foto : 1health.id

Majalahayah.com, Jakarta – Mengajak buah hati bermain memang terbilang mudah, namun akan terasa sulit jika para orang tua belum terbiasa melepas kebiasaan buruknya saat bersama anak. Denmark sebagai negara paling bahagia sedunia selama lebih 40 tahun telah diakui oleh PBB, memberikan tips para orang tua Denmark saat bermain bersama sang buah hati.

Dirangkum oleh Jessica Joelle Alexander, melalui buku The Danish Way of Parenting, yang harus diperhatikan saat bermain bersama anak, yaitu :

1. Matikan TV

Para orang tua atau keluarga wajib mematikan televisi dan alat elektronik. Imajinasi adalah bahan yang penting dalam bermain untuk mendapatkan dampak yang positif.

2. Ciptakan lingkungan yang bisa memperkaya

Penelitian telah menunjukan bahwa lingkungan yang kaya akan sensori digabungkan dengan bermain akan memfasilitasi perkembangan kortikal di otak. Dengan menyiapkan beberapa jenis material disekitar diyakini mampu menstimulasi semua Indra pengelihatan, pendengaran, peraba, dan lmenunhkayak perkembangan otak selama bermain.

3. Gunakan seni

Otak anak akan berkembang ketika mereka menggunakan seni. Para orang tua jangan tujukan bagaimana melakukannya, sediakan saja bahan-bahan untuk karya seni dan biarkan mereka berkreasi secara spontan.

4. Biarkan mereka menjelajah di luar

Ajaklah mereka keluar sebanyak mungkin untuk bermain di alam seperti hutan, taman, pantai, dll.  Cobalah ayah dan bunda temukan area yang aman agar anak merasa bebas untuk menjelajahi lingkungan. Hal ini diyakini anak benar-benar menggunakan imajinasinya dan bersenang-senang.

5. Bermain dengan anak yang berbeda usia

Mencampurkan anak anda dengan yang berbeda usia ini mampu meningkatkan zona perkembangan optimal, membantu anak untuk mendapatkan level yang baru secara alami. Hal inipun mampu membuat anak belajar berpartisipasi dan mampu mengendalikan diri serta negoisasi yang sangat diperlukan dalam kehidupan