Majalahayah.com, Jakarta – Kondisi tidak nyaman dan bisa mengancam kesehatan keluarga apabila menunda kebersihan dapur sehabis memasak ataupun makan bersama keluarga.

Dapur yang berbau, dipenuhi kotoran, serta gelap dan lembap, harus segera dibersihkan. Sebenarnya, untuk menjaga kebersihan dapur, dibutuhkan kerja sama seluruh anggota keluarga.

Jika kebiasaan membersihkan dapur dapat terealisasi dalam keluarga, dijamin kondisi dapur anda akan sehat dan bersih. Maka, seperti dilansir The Spruce ini cara-cara menanamkan kebiasaan membersihkan dapur : 

1. Rapikan dapur setelah makan malam

Semakin banyak anggota keluarga, maka kondisi dapur akan lebih mudah kotor. Untuk itu mintalah seluruh anggota keluarga untuk turut bertanggung jawab pada kondisi dapur. Setiap selesai makan malam, kondisi dapur harus bersih. Buatlah jadwal untuk membereskan dapur setiap hari secara bergantian. Bisa diterapkan jika anak-anak sudah duduk di bangku sekolah dasar.

2. Bersihkan alat makan setelah digunakan

Biasakan juga anak-anak untuk membersihkan alat makannya sendiri, baik itu piring, sendok ataupun gelas setelah digunakan. Termasuk wadah bekal makan siang. Dengan begitu, kondisi dapur selalu bersih dan tak banyak pekerjaan cuci piring yang harus dilakukan.

3. Kosongkan cuci piring sebelum masak

Selalu kosongkan bak cuci piring sebelum memasak. Pastinya saat memasak, Anda membutuhkan banyak air bersih yang mengalir. Untuk itu minta anak-anak membersihkan bak cuci piring sebelum memulai memasak agar lebih efektif.

4. Buang sampah dan lap meja dapur

Biasakan juga anak-anak untuk membuang sampah di dapur secara teratur. Hal ini akan membuat dapur selalu bersih dan tak berbau. Untuk meja dapur, pastikan anak juga terbiasa selalu dalam keadaan bersih. Jika ada yang tumpah, basah ataulengket harus langsung dibersihkan.