Ingin Calonkan Presiden, Rhoma Irama Daftarkan Uji Materi UU Pemilu

Ingin Calonkan Presiden, Rhoma Irama Daftarkan Uji Materi UU Pemilu

50
SHARE
Rhoma Irama

Majalahayah.com, Jakarta – Ketua Umum Partai Daman Aman (Idaman), Rhoma Irama mendaftarkan uji materi Undang-Undang Pemilihan Umum 2010 ke Mahkamah Konstitusi. Rhoma mengaku, tujuan jelas dirinya berdiri di Gedung MK tak lain karena ingin mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pilpres 2019.

“Jadi seharusnya ada legal standing kalo kita partai enggak punya legal standing ga bisa mengajukan judicial review. Idaman sudah punya judicial review mencapreskan ketua umumnya. Itu satu konsekuensi logis, kalo enggak ngapain gue ke MK sini,” kata Rhoma di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Baca juga :   Cegah Kasus Intimidasi Terulang, FKPPI Siap Kawal TPS

Oleh karena itu, Rhoma ingin Presidential Threshold 20 persen yang disahkan oleh anggota DPR dihapuskan.¬†“Ya deskriminatif sekali. Bahwa presidential threshold dihapuskan menjadi zero threshold,” tandasnya.

Rhoma meminta MK menguji pasal-pasal 173 ayat 1, Pasal 173 ayat (3) dan Pasal 222. Hal itu mengenai tentang pencalonan calon presiden dan wakil presiden aerta verifikasi partai politik.