Home Uncategorized Imparsial Lihat Pembubaran HTI Akan Jadi Blunder Pemerintah

Imparsial Lihat Pembubaran HTI Akan Jadi Blunder Pemerintah

181

Majalahayah.com, Jakarta – Direktur Imparsial Al Araf melihat pembubaran Organisasi Masyarakat (Ormas) Hizbut Tharir Indonesia (HTI) tidak efektif. Hal ini bahkan akan menjadi blunder bagi pemerintah bila ada perlawanan dari pihak HTI.

“Satu mereka bisa membuat ormas-ormas baru. kedua mereka akan melakukan perlawanan yang tentu dikhawatirkan kalau mereka tidak terima proses pembubaran itu. Subjektif lalu mereka melakukan perlawanan-perlawanan yang dengan menggunakan kekerasan ini yang menjadi bahaya,” ungkapnya saat ditemui di Kantor YLBHI, Rabu (19/7/2017).

Bagi Al Araf, para anggota HATI yang kecewa pun bisa saja bergabung dengan kelompok-kelompok ekstrimis. Terutama bila melihat kebijakan pemerintah yang sewenang-wenang untuk membubarkan organisasi.

“Bisa jadi mereka bisa berafiliasi dengan kelompok terorisme, karena kemudian akibat dibubarkan. karena pembubaran subjektif pemerintah tidak melalui mekanisme pengadilan yang adil bisa ini yang saya khawatirkan,” paparnya.

Dirinya pun berharap DPR mampu mengambil langkah bijak terkait polemik Perppu Ormas tersebut. Sehingga tidak terjadi konflik yang membahayakan kepentingan bangsa.

“Justru secara sosilogis pembubaran-pembubaran ini. akan menimbulkan potensi-potensi konflik dan situasi yang tidak dinamis dalam realitas masyarakat. oleh karena itu, DPR diharapkan bijak untuk melihat Perppu Ormas ini. perppu Ormas ini perlu diingat bukan menyasar pada satu ormas seperti HTI. ini Perppu Ormas untuk semua Ormas,” pungkasnya.