Hestiana Kiftia, Bangkitkan Peran Pemuda dengan Dirikan Sekolah Anak Jalanan

Hestiana Kiftia, Bangkitkan Peran Pemuda dengan Dirikan Sekolah Anak Jalanan

81
SHARE
Hestiana Kiftia, Pendiri Bingkai Jalanan (Foto: MA/Dini R)

Majalahayah.com, Jakarta – Hestiana Kiftia, perempuan kelahiran Jakarta yang menyandang gelar Sarjana Komunikasi Politik di Universitas Bung Karno mampu dirikan sekolah jalanan. Bersama rekannya, Hesti memberi nama sekolah tersebut ‘Bingkai Jalanan’.

Perempuan kelahiran tahun 1991 ini telah melalui proses panjang dalam mendirikan Bingkai Jalanan, hingga pada akhirnya mampu menghadirkan 30 orang siswa dalam kegiatan belajar disetiap Sabtunya. Berlokasi di belakang Stasiun Pasar Senen, Hesti menjadi pendidik suka rela untuk anak jalanan.

Baca juga :   Ismail A Sahid : Wakaf Uang Bukan Tujuan Akhir, Melainkan Tangga Awal Mengelola Aset Produktif

Berawal dari membentuk kegiatan ekstrakulikuler karya ilmiah di SMA 14 Jakarta. Ekstrakulikuler tersebut memiliki kegiatan rutinitas yaitu menulis. Padahal hingga sekarang menulis bukalah salah satu hobi yang banyak diminati oleh banyak orang karena terlihat membosankan.

Hesti bercerita, saat menduduki kursi SMA, dirinya bergelut dalam ekstrakulikuler karya ilmiah yang peminatnya tidak banyak. untuk meningkatkan minat siswa dalam bergabung ke ekstrakulikuler karya ilmiah, Hesti dan temannya meneliti kasus anak-anak kecil yang suka mencuri besi ataupun barang yang diangkut dari pabrik pulo gadung dari truk ke truk.

Baca juga :   Hasil Penelitian Kemenag Terkait Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

Melakukan proses wawancara  dan penelitian, Hesti dan rekannya menghasilkan suatu karya ilmiah dimana karya tersebut gools sampai tingkat Nasional, dan berhasil mendapatkan beasiswa. Hal tersebut pula yang menjadikan ekstrakulikuler karya ilmiah SMA 14 Jakarta terangkat, sehingga banyak yang berminat untuk bergabung.