Hati Merasa Tersakiti? Ini Resep dari Al-Qur’an

Hati Merasa Tersakiti? Ini Resep dari Al-Qur’an

284
0
SHARE
Ilustrasi hati yang tersakiti
Ilustrasi hati yang tersakiti. Sumber www.parade.com

Majalahayah.com – Manusia satu sama lain adalah ujian juga bagi yang lainnya, begitu juga diri kita bagi yang lainnya. Dalam sehari-hari kita tidak lepas dari komunikasi dan interaksi yang bisa jadi itu membuat orang lain tidak berkenan bahkan sampai hati merasa tersakiti dengan sikap atau perkataan yang terlontar.

Banyak hal yang dilakukan hingga bisa menyebabkan ada hati yang merasa tersakiti, terlebih di jaman sekarang yang bisa mudah interaksi dengan siapa saja kapan saja melalui media sosial. Entah itu berupa sindiran, olok-olokan, hinaan, cacian, bully-an, nyinyiran, fitnah, kebohongan, ancaman, penolakan dan bahkan penghianatan.

Oleh karena itu, kita harus mempunyai cara mengantisipasi sikap dan perkataan orang lain yang berlebihan responnya. Agar hati tidak tersakiti maka kita butuh resep yang hakiki yaitu resep dari Al-Qur’an untuk menghadapinya.

Nah, bagaimana Al-Qur’an membahas resep? Ternyata ada tiga kali Allah menyebut resep yang sama dalam Al-Qur’an untuk menghadapi lidah-lidah tajam yang terlontar lewat perkataan manusia.

Dalam Surat Al-Hijr Allah berfirman,
وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ * فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ *
“Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud .” (QS. Al-Hijr : 97-98)

Dalam Surat Thaha Allah berfirman,
فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا
“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya .” (QS.Thaha : 130)

Dalam Surat Qaf, Allah berfirman,
فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ
“Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlab sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). .” (QS. Qaf : 39)

Pada tiga ayat diatas, Allah memberi resep jitu untuk mengobati rasa sakit hati akibat sikap dan lisan-lisan tajam manusia. Hadapilah semua itu dengan sabar dan tentramkan hati dengan banyak bertasbih pada Allah, maka hatimu akan menjadi tenang dan terobati.

Perintah tasbih dalam ayat ini bukan hanya dengan mengucap Subhanallah. Namun harus dibarengi dengan menghadirkan hati dan selalu mengingat-Nya. Karena itulah ketiga ayat diatas ada yang diakhiri dengan sujud dan selalu memuji Allah sepanjang pagi dan petang. Insya Allah orang yang banyak bertasbih terhindar dari penyakit stress, depresi dan tertekan berkepanjangan yang banyak menghinggapi masyarakat di perkotaan dewasa ini.

LEAVE A REPLY