Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab saat Tabligh Akbar di Pulau Pramuka.
Foto : Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab saat Tabligh Akbar di Pulau Pramuka. (majalahayah.com/yt)

Majalahayah.con, Madinah – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab mengungkap alasan dibalik keberangkatan ia dan sekeluarga untuk umrah ke Arab Saudi.

Melalui video yang diunggah pada 29 April 2017 ke situs Youtube, dalam ceramahnya di Madinah Habib menjelaskan ia sengaja umrah bersama keluarga lantaran masalah keamanan di Indonesia.

“Memang dalam tiga bulan terakhir ini luar biasa teror yang terus menerus datang. Saya hadapi semua teror tersebut, semua fitnah kita hadapi. Tapi belakangan teror itu mulai masuk dibidik ke isteri, anak-anak, keluarga, saya pikir ini permainan menjadi lebih tidak fair lagi,” ucapnya dalam video.

Oleh seab itu, dirinya merasa sebagai kepala keluarga wajib menjaga keluarganya. Habib pun mengaku diam-diam mengumpulkan seluruh keluarga sebelum berangkat umrah.

“Karena umrah ini adalah jalan keluar yang paling aman. Kita amankan dulu, kalo keluarga sudah aman saya bisa berjuang dengan lebih lekuasa,” imbuhnya.

Faktor keamanan tersebut disinyalir merupakan adanya insiden penembakan oleh sniper, dimana menargetkan Habib Rizieq yang juga Ketua Dewan Pembina GNPF MUI itu.

Hal ini diungkap oleh Ketua Presidium Alumni 212, Ustad Ansufri Idrus Sambo saat menyambangi Komnas HAM bersama Amien Rais dalam mendesak dibentuknya tim penyelidik kriminalisasi ulama. Menurutnya, Habib Rizieq terpaksa umrah demi keselamatan keluarga.