Home Pojok Ayah Google Translate Image Kini Hadir dengan Bahasa Jawa dan Sunda

Google Translate Image Kini Hadir dengan Bahasa Jawa dan Sunda

90

Majalahayah.com, Jakarta – Google kembali memperkaya kemampuan fitur Google Translate miliknya. Kini, pengguna bisa menerjemahkan bahasa Jawa dan Sunda secara instan cukup dengan mengarahkan kamera ke gambar berisi tulisan/teks.

Dukungan bahasa Jawa dan Sunda ini dirilis Google dengan sejumlah bahasa dari negara dan daerah lainnya. Dukungan ini hadir baik untuk perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengunduh aplikasi Google Translate yang tersedia di AppStore dan Google Play Store. Sementara, bagi pengguna yang sudah memiliki aplikasi tersebut di perangkatnya, cukup melakukan pembaruan.

“Anda dapat menggunakan kamera ponsel untuk menerjemahkan teks di sekitar Anda dengan aplikasi Translate. Misalnya, Anda dapat menerjemahkan sebuah tanda atau catatan dengan tulisan tangan,” ungkap pihak Google melalui halaman resminya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah mengunduh aplikasi Translate di AppStore atau Google Play Store, pengguna cukup menekan tombol “kamera” yang tersedia tepat pada bagian bawah kolom terjemahan.

Sebelum menekan tombol kamera, ada baiknya Anda memilih terlebih dahulu bahasa yang akan diterjemahkan. Ada pilihan “detect language” untuk mendeteksi bahasa secara otomatis maupun menentukan sendiri bahasa yang akan diterjemahkan.

Pilihan bahasa Jawa dan Sunda pun sudah dapat ditemukan pada menu ini. Majalah Ayahpun mencoba kedua bahasa tersebut. Namun, saat digunakan dalam beberapa kali percobaan, terjemahan yang muncul dari bahasa Sunda maupun Jawa masih belum akurat.

Google mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi keakuratan terjemahan seperti ukuran teks atau kondisi cahaya saat kamera mengambil gambar.

“Untuk beberapa bahasa, Anda dapat menerjemahkan teks dengan mengarahkan lensa kamera ponsel Anda. Teks dengan ukuran kecil, kurangnya cahaya, atau teks dengan gaya tertentu dapat mengurangi keakuratan penerjemahan,” tulis Google.