Majalahayah.com, Jakarta – Google mengungkapkan bahwa sejumlah besar orang Indonesia menonton konten TV secara digital. Adapun dalam laporan Year in Search 2019 terdapat kenaikan pesar untuk penelusuran terkait acara TV, selebritas TV populer, dan topik terkait berita di Google search dan YouTube.

“Konten TV sekarang dikonsumsi oleh penonton melalui berbagai medium dengan perangkat seluler sebagai medium terfavoriit,” ungkap Google dalam laporan Year in Search 2019.

Google juga mengungkap beberapa kata kunci yang banyak dicari yakni sinetro yang tumbug 1,2 kali lipat di penelusuran YouTube. Kemudian, selebritas TV juga tumbuh 2 kali lipat pencariannya di YouTube. Hal tersebut juga meningkat karena beberapa selebritas TV memiliki channel miliknya sendiri di YouTube.

Lalu, acara TV juga tumbuh 2 kali lipat dalam penelusuran di YouTube. Lebih lanjut Google juga mengungkapkan beberapa data menarik yakni lebih dari 79 juta penonton unik berusia 18 tahun ke aras menonton YouTube setiap bulan.

Lalu, 95 persen orang Indonesia memiliki akses internet untuk menonton video secara online di perangkat seluler, angka ini naik 63 persen sejak 2016.