Home Pendidikan Festival #GenerasiSeragam Ajak Anak Kenal dan Bermain Bersama Penyandang Disabilitas

Festival #GenerasiSeragam Ajak Anak Kenal dan Bermain Bersama Penyandang Disabilitas

54

Majalahayah.com, Depok – Sebagai penyandang disabilitas, Arik Dimas (24 tahun) ungkapkan ketidakinginannya dipandang sebelah mata dan dikasihani oleh masyarakat. Sebagai Pekerja Harian Lepas di salahsatu Kantor Kelurahan, Depok Jawa Barat, ia katakan bahwa dirangkul dan lebih inklusif kepada penyandang disabilitas adalah cara yang lebih bijak.

Tak hanya Arik Dimas, Kawanan dari Jakarta Barrier Free Tourism (JBFT) pun sependapat. Upaya wujudkan hal tersebut, Ruang Publik Bersama yang tergabung dari berbagai komunitas Depok selenggarakan acara Festival #GenerasiSeragam di taman Tapos, Depok, Jawa Barat pada Sabtu 10 Agustus 2019.

Dengan tajuk “Kebersamaan dan Keberagaman”, tujuan utama acara ini, Ketua Acara Luthfi ungkapkan keinginannya untuk merubah stigma masyarakat terkhusus anak-anak generasi alfa bahwa penyandang disabilitas dengan non disabilitas tidak ada bedanya alias ‘sama’.

“Seragam itu konteksnya tidak selalu untuk sekolah ya, tetapi artinya ‘sama’. Kita ingin anak-anak kita diseragamkan bersama anak-anak disabilitas dengan non disabilitas,” ucapnya saat ditemui saat acara Festival #GenerasiSeragam di Depok, Jawa Barat (10/8/2019).

Turut melibatkan 25 sekolah di kawasan Depok Timur dan 150 anak usia sekolah mulai dari SD, SLB, hingga SMA dan SMK disabilitas dan non disabilitas, Luthfi katakan bahwa ini adalah langkah awal untuk mengajarkan anak-anak bermain dan berinteraksi dengan penyandang disabilitas.

“Generasi sekrang jangan hanya main gadget di rumah, karena itu tidak baik untuk kesehatan. Bagi para orangtua juga jangan menganggap anak bermain di luar berarti berbahaya. Karena dengan bermain di luar anak bisa mengenal banyak orang,”

Seperti Dimas siswa SMK katakan kegembiraanya setelah bermain permaianan tradisional dan bermain bersama dengan penyandang disabilitas. “Kalau bermain permainan tradisional pernah waktu kecil ya, tapi kalau bermain dengan disabilitas baru pertama kali,” ucapnya di waktu yang sama.

“Seru bisa berdekatan dengan disabilitas, saat bermain kita juga bisa melatih kesabaran,” tandasnya.

Festival #GenerasiSeragam turut dihadiri oleh My Trip My Adventure Depok (MTMA), Faktabahasa Depok (FABA Depok), Jakarta Barrier Free Tourism (JBFT), Rumah Anak Bangsa, Kampung Dolanan, serta relawan dari berbagai komunitas berkolaborasi di Ruang Publik Bersama.