Majalahayah.com, Bekasi – Pemerinta Kota (Pemkot) Bekasi telah siapkan sepuluh bus untuk program mudik gratis Idul Fitri 2017 yang nantinya difasilitasi oleh Dinas Perhubungan setempat. Program mudik gratis ini sendiri merupakan agenda tahunan untuk mengakomodasi kegiatan pulang kampung warga.

“Program mudik gratis ini merupakan kegiatan rutinitas kita setiap tahun untuk mengakomodasi warga yang butuh tumpangan ke kampung halaman,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana yang dilansir dari Antara, Senin (15/5/2017)

Menurut dia, sepuluh bus itu akan diprioritaskan bagi warga Kota Bekasi yang berniat mudik namun tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk biaya perjalanan.

“Kita akan cek KTP-nya untuk memastikan bahwa calon penumpang itu warga Kota Bekasi. Persyaratan mengikuti mudik gratis, hanya menyertakan KTP dan Kartu Keluarga pemudik yang berdomisili di Kota Bekasi,” katanya.

Dishub Kota Bekasi akan membawa para pemudik sekitar H-7 Lebaran, namun para peserta mudik gratis kali ini tidak difasilitasi perjalanan pulang ke Kota Bekasi. Perjalanan kembali ke Kota Bekasi akan ditanggung masing-masing peserta.

“Tujuan mudik gratis Pemkot Bekasi yakni Solo dan Yogyakarta,” katanya.

Bagi masyarakat yang tidak tertampung dalam program yang digelar Pemkot Bekasi, kata Yayan, akan diarahkan untuk ikut dalam rombongan mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan RI.

“Mudik gratis motor diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan sedangk Provinsi Jabar menyediakan 30 unit bus untuk mudik gratis di momentum yang sama,” katanya.