Home Parenting Energi Terkuras Mengurus Anak saat Puasa? Ini Tipsnya Bun!

Energi Terkuras Mengurus Anak saat Puasa? Ini Tipsnya Bun!

121

Majalahayah.com, Jakarta – Bagi ibu bekerja dan masih memiliki anak yang masih kecil, bulan puasa bisa terasa lebih berat dari biasanya. Di tengah kesibukan masih harus kerja, tetap perlu menjaga memenuhi kebutuhan keluarga dan anak. Waktu tidur kadang harus berkurang. Belum lagi kalau anak rewel, rencana yang sudah disusun sebelumnya bisa makin berantakan.

Dengan semua kesibukan yang ada, kondisi kesehatan tubuh ibu bisa menurun. Untuk bisa tetap fit dan bugar menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan di tengah kesibukan kerja dan mengasuh anak, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Berikut selengkapnya.

1. Berbagi Tugas dengan Suami

Penting untuk mengomunikasikan dan mendiskusikan persoalan ini dengan suami. Komitmen untuk berbagi tugas dan saling membantu dalam berbagai urusan juga perlu dibuat. Suami dengan kesibukan kerjanya juga perlu kita pikirkan juga. Kita juga perlu membicarakan dan memberitahukan kesibukan serta rutinitas harian kita selama bulan puasa, agar memudahkan kegiatan untuk berbagi tugas nantinya.

2. Mencari Tambahan Bantuan

Mungkin kita bisa cari ART untuk membantu mengurusi urusan domestik. Bila semua kesibukan kerja sudah sangat menguras waktu dan tenaga, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan opsi mencari tambahan bantuan. Kalau kita memvorsir tenaga kita sampai tidak bisa mendapat waktu istirahat yang cukup, dikhawatirkan nantinya kondisi tubuh akan menurun.

3. Buat Jadwal Menu Sahur dan Berbuka Sebulan Penuh

Untuk memudahkan proses memasak atau menyiapkan waktu sahur dan berbuka, kita bisa membuat jadwal menu setiap harinya dengan cukup detail. Bila memugkinkan kita bisa menyiapkan stok makanan dan bumbu praktis yang bisa mempercepat proses menyiapkan waktu sahur atau berbuka. Dengan kesibukan dan rutinitas kerja yang ada, penting untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

4. Konsumsi Makanan Bernutrisi Saat Sahur dan Berbuka

Saat sahur dan berbuka usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Tidak hanya asal kenyang, tapi yang ada kandungan serat, vitamin, dan mineralnya. Kebutuhan cairan juga harus dipenuhi, setidaknya dalam rentang waktu berbuka dan sahur minum 8 gelas air putih. Saat sahur, bisa pilih menu yang tinggi protein. Saat berbuka, bisa pilih menu yang dapat mengembalikan energi tubuh dan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

5. Perkuat Niat Melakukan Segalanya untuk Ibadah

Kerja juga bisa jadi ibadah selam dilakukan dengan niat yang baik. Mengasuh dan mencukupi semua kebutuhan anak juga bagian dari ibadah kita. Puasa selama sebulan penuh selama Ramadan juga jelas bisa jadi ibadah dengan ganjaran pahala dan berkah yang istimewa. Perkuat niat kita melakukan segala sesuatunya untuk ibadah. Jangan sampai kita jadi stres sendiri, ya moms. Karena kalau kelewat stres, tubuh bisa gampang jatuh sakit nantinya.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu moms sekalian untuk tetap fit menjalankan ibadah puasa sekaligus memenuhi semua tanggung jawab yang ada dengan baik. Semoga semua lelah kita bisa diganjar pahala dan berkah kebaikan yang berlipat ganda.