Din Syamsuddin : Aksi Teroris di Selandia Baru Bentuk Islamofobia

Din Syamsuddin : Aksi Teroris di Selandia Baru Bentuk Islamofobia

115
SHARE
Din Syamsudin (Dok : KS)

Majalahayah.com, Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru, Jum’at (15/3/2019). Ia pun mengucapkan rasa bela sungkawa atas insiden tersebut.

“Mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga para korban dan berdoa semoga para korban menjadi syuhada,” ucapnya melalui rilis kepada awak media.

Aksi penembakan brutal sendiri dilakukan oleh seorang pria dengan menembaki jamaah masjid yang akan melaksanakan Ibadah Salat Jumat.
Pelaku aksi biadab itu diidentifikasi bernama Brenton Tarrant.

Baca juga :   Tanggapi Pernyataan Donald Trump, Din : OKI Segera Lakukan Langkah Politik dan Diplomatik

“Aksi teror tersebut adalah tindak kekerasan ekstrim (violent extreemism) dan bentuk Islamofobia yang tidak beralasan, serta hanya dilakulan oleh orang yang tidak berperiketuhanan dan berperikemanusiaan,” ucapnya.

Karena itu Din pun meminta pemerintah setempat untuk melakukan tindakan investigasi. Lalu tegasnya menyeret pelaku ke jalur hukum.

“Meminta kepada Pemerintah New Zealand utk melakukan investigasi serius dan menyeret pelakunya ke jalur hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tambah mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut.

Baca juga :   Sebut Demokrasi Tak Sesuai Lagi Pancasila, Panglima TNI: Saya Siap Ditembaki

Pada penutup, Ia pun meminta umat Islam di Indonesia mampu menahan diri. Tidak terhasut untuk melakukan aksi negatif.

“Mengimbau kepada umat Islam di dunia, khususnya di Indonesia, agar dapat menahan diri dan tidak terhasut melakukan reaksi negatif,” pungkasnya.