Home Kesehatan Diet Pilihan yang Menyegarkan, Yuk Mengenal Lebih Jauh Diet Pelangi

Diet Pilihan yang Menyegarkan, Yuk Mengenal Lebih Jauh Diet Pelangi

213
Foto : Menu segar Diet Pelangi. Sumber www.vemale.com

Majalahayah.com, Jakarta – memperhatikan bentuk tubuh tidak hanya dilakukan oleh wanita, tapi juga pria. Selain dengan berolahraga menjaga bentuk tubuh juga bisa dengan diet sehat. Banyak metode-metode dan jenis-jenis diet yang mudah dilakukan, namun banyak diantaranya hanya memfokuskan untuk menurunkan berat badan.

Saat ini diet yang cukup efektif dalam meningkatkan status kesehatan dan kualitas hidup adalah Diet Pelangi. Diet Pelangi sendiri sebenarnya merupakan nama lain dari Diet Mediterania. Diet Mediterania adalah perencenaan pola makan sehari-hari yang diadaptasi dari pola makan keseharian negara-negara di Mediterania. Prinsip dasar dari diet mediterania ini adalah konsumsi karbohirat, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan ikan serta mengurangi konsumsi daging.

Diet ini dapat disebut juga sebagai diet pelangi karena berfokus dalam memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna. Diet Mediterania sendiri disebut sebagai diet terbaik saat ini karena terbukti dapat menurunkan resiko berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, bahkan alzhemeir.

Seperti istilahnya diet pelangi, sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna ternyata memiliki banyak pengaruh positif bagi tubuh. Warna dari sayur dan buah tersebut dikategorikan menjadi 6 warna yaitu, merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan putih. Setiap warna pun memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Buah dan sayur warna merah (tomat, apel, semangka, stroberi) mengandung likopen yang merupakan antioksidan kuat sehingga menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung.