Home Kabar Dewan Pertimbangan MUI : Tidak Ada Aturan Kiai Ma’ruf Harus Mundur

Dewan Pertimbangan MUI : Tidak Ada Aturan Kiai Ma’ruf Harus Mundur

118
Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin, Zainut Tauhid Sa'di (Koko Putih, kiri) di kantornya, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017). (Foto: MA/Rizky Kusumo)

Majalahayah.com, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum memutuskan nasib ketuanya, KH Ma’ruf Amin yang maju sebagai Cawapres Jokowi. Dewan Pertimbangan MUI akan segera rapat untuk membahas hal tersebut.

“Jadi tentu dewan pertimbangan MUI akan rapat mana jalan keluar yang terbaik,” kata Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin dikutip dari detik di saat ditemui Jakarta, Senin (13/08/2018).

Din mengatakan, MUI akan bertindak sesuai pedoman lembaga. Sejauh ini, tak ada aturan penggantian ketua MUI yang maju dalam pemilu.

“Seharusnya berdasarkan peraturan atau pedoman dasar dan peraturan rumah tangga, kalau ada hal seperti itu apakah harus diganti atau tidak, sepengetahuan saya tidak ada (aturan)” ucapnya.

Kendati demikian, sudah banyak masukan dari anggota MUI agar status Mar’uf Amin segera dibahas. Independensi lembaga menjadi salah satu alasan untuk segera membahas hal tersebut.

“Tentu ada pertimbangan-pertimbangan lain nanti, yang masuk pada saya ini perlu dalam rangka menjaga independensi MUI, ada yang menyampaikan pada saya soal rangkap jabatan yang jangan sampai mengganggu dan lain-lain,” kata dia.