Home Moto GP Dani Pedrosa Pensiun dan Menjadi Legenda ke 29

Dani Pedrosa Pensiun dan Menjadi Legenda ke 29

179
Foto : Dani Pedrosa

Majalahayah.com, Spanyol – Valencia Spanyol (19/11/18) menjadi aksi terakhir Dani Pendrosa di ajang Moto GP setelah mengumumkan pensiun pada hari Kamis (12/7/18). Di laga terahirnya Dani Pedrosa gagal meraih Podium dan hanya mampu finis di posisi ke 4 di bawah Dovizioso, A rin dan Espargaro. dan sekaligus menggelar upacara  peresmian pensiun di Moto GP

Pedrosa memulai karir balapnya pada tahun 2001 di kelas 125cc dan baru berhasil menjadi juara di tahun 2003 dan 2004. Pedrosa naik ke kelas 250cc di tahun 2005 dan langsung menjadi juara di tahun tersebut , Di tahun 2006 pedrosa langsung naik ke kelas Moto Gp meski  hingga di ujung karirnya pedrosa tidak pernah sekali pun mencicipi manisnya gelar juara dunia Moto GP.

Sepanjang karirnya Pedrosa hanya membela tim Repsol Honda meski tak pernah meraih juara di kelas tertinggi, Pedrosa terbilang cukup gemilang dengan 112 podium yang berhasil ia raih dan 31 di antaranya berhasil keluar sebagai juara 1. Sepanjang karir di kelas Moto GP Pedrosa tercatat pernah tiga kali menjadi runer up pada tahun 2007, 2010, dan 2012. Dan tiga kali menjadi juara ke 3 di tahun 2008, 2009 dan 2014.

Upacara penyematan MotoGP Legend pada Pedrosa ini dihadiri oleh Presiden FIM, Vito Ippolito dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. Uniknya, rival bebuyutan Pedrosa saat masih belia, Jorge Lorenzo tampak hadir, begitu pula Marc Marquez, Maverick Vinales dan Pol Espargaro.

“Saya sangat bahagia atas momen ini, di mana saya melihat para rival saya ada di sini. Saya merasa MotoGP telah memberi hidup saya begitu banyak hal, karena pada dasarnya saya selalu berada di sini dan terus belajar soal hidup berkat MotoGP,” tutur pembalam asal Spanyol tersebut.

Nama Pedrosa kini menjadi legenda ke 29 Moto GP dan bersanding dengan legenda lainya seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Marco Simoncelli, Freddie Spencer, Casey Stoner, John Surtees, Carlo Ubbiali, Alex Crivillé, Franco Uncini, Marco Lucchinelli, Randy Mamola, Kork Ballington dan Nicky Hayden.

“Jelas ini momen yang sangat emosional, dan saat masih anak-anak, tak pernah saya sangka momen ini bakal datang. Sekarang berada di sini rasanya aneh, tapi saya senang karena saya merasa mendapat banyak dukungan dari penggemar, juga dari semua orang di paddock,” ungkap Pedrosa lewat MotoGP.com.

Pedrosa pensiun di usinya yang ke 33, ia bakal tetap terlibat di MotoGP. Mulai tahun depan, ia akan meninggalkan Honda, pabrikan yang telah ia bela selama 18 tahun, menuju KTM. Dalam naungan pabrikan asal Austria tersebut, Pedrosa akan menjabat sebagai test rider.