ilustrasi. Foto : twitter.com

Majalahayah.com, Jakarta – Pemerintah DKI Jakarta, mulai menerapkan PSBB untuk membatasi pergerakanbhb warga. Langkah ini dikakukan untuk mengurangi resiko penularan COVID-19 lebih luas.

Banyak negara juga memilih untuk melakukan lockdown dan memerintahkan warga untuk tetap berada di rumah guna memutus rantai penularan. Indonesia sendiri, masyarakat diperintahkan untuk bekerja, belajar, dan beribadah untuk menekan angka penularan Covid-19. Sejumlah daerah telah melakukan pembatasan aktivitas dan menutup seluruh fasilitas umum.

COVID-19 diketahui menular dengan berbagai cara, salah satunya lewat droplet dari orang positif saat batuk atau bersin. Bahkan, penularan bisa terjadi lewat benda yang dipegang oleh pasien positif. Hingga kini belum ada vaksin yang berhasil diciptakan untuk membunuh virus tersebut.

Akibat pembatasan itu, sebagian orang merasa sangat jenuh karena tidak dapat berwisata ke berbagai tempat. Namun, kejenuhan itu bisa diobati untuk sementara waktu dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Melansir Too Many Adapters, banyak nagara menutup kebun binatang sebagai salah satu cara untuk menekan angka penularan COvid-19. Sebab, kebun binatang merupakan salah satu kawasan yang diketahui banyak dikunjungi orang. 

1. Menengok kebun binatang di AS

Namun, Anda masih bisa melihat hewan yang sukai bermain-main dari rumah dengan memanfaatkan streaming cctv di kebun binatang, misalnya milik Smithsonian National Zoo. 

Dengan membuka  situs https://nationalzoo.si.edu/webcams/panda-cam , Anda dapat melihat dua panda raksasa bernama Tian Tian dan Wei Xiang di kandang terpisah dengan masing-masing CCTV yang online selama 24 jam.

Dalam situs resmi, Smithsonian National Zoo mengakku menutup semua layanan untuk mendukung upaya menahan penyebaran Covid-19. Pemelihara hewan dan staf veteriner juga tetap bekerja di lokasi di Kebun Binatang untuk memberikan perawatan bagi hewan-hewan tersebut.

Webcam hewan juga tetap online, tetapi Anda tidak bisa mengendalikan arah kamera, sehingga kemungkinan hewan tidak terlihat setiap saat.

Sedangkan pada kebun bintang Sandiego, Anda dapat melihat secara langsung berbagai binatang secara langsung dengan mengakses https://zoo.sandiegozoo.org/live-cams. Beberapa hewan yang bisa dilihat adalah pinguin, baboon, beruang kutub, orangutan, koala, jerapah, kupu-kupu, gajah, hingga harimau. Setiap kandang miliki cctvnya masing-masing yang online selama 24 jam.

2. Bermacam binatang di Kebun Binatang Irlandia

Dengan mengakses https://www.dublinzoo.ie/animals/animal-webcams/african-savanna/, Anda juga dapat melihat padang savana Afrika yang berisi jerapah, badak, burung unta, zebra, hingga oryx bertanduk pedang, spesies kijang yang kini punah di alam liar.

3. Kebun binatang di Australia

Kebun binatang Melbourne juga menyediakan kamera live streaming  untuk melihat Leoprad Salju yang ada di dalam kandang. Anda cukup membuka https://www.youtube.com/watch?v=DiQaOlsDZlY&feature=emb_title untuk melihat aktifitas Leoprad Salju tersebut.

4. Jalan-jalan ke berbagai museum dunia

Cara untuk tur museum adalah dengan menggunakan fitur Google Arts & Culture. Dengan mengunjungi situs https://artsandculture.google.com/, Anda dapat berkeliaran secara virtual di aula Museum British, London; melihat koleksi seni di Musee d’Orsay, Paris; atau keliling di Museum Guggenheim, New York City.

Selain 10 tempat yang ditawarkan oleh Google Arts & Culture, beberapa di antaranya adalah:
– Tur virtual museum Lovure Paris https://www.louvre.fr/en/visites-en-ligne
– Museum Nasional Sejarah Alam di Washington https://naturalhistory.si.edu/visit/virtual-tour
– Museum Vatikan https://www.museivaticani.va/content/museivaticani/en/collezioni/musei/tour-virtuali-elenco.html.

5. Melihat-lihat monumen dunia Lewat Street View

Tak hanya itu, Google Street View juga bisa Anda gunakan untuk melihat dari dekat sejumlah monumen terkenal di dunia dari laptop atau ponsel. Cukup mengakses https://artsandculture.google.com/project/street-view

Anda dapat memilih lokasi mana yang hendak Anda kunjungi, misalnya Piramida Giza, Taj Mahal, atau Colosseum. Anda juga dapat juga dapat melihat panorama sejumlah kota sejumlah negara dari atas, salah satunya dari Tokyo Tower.

6. Mengunjungi tempat-tempat terkenal dunia

Sedangkan untuk melihat langsung landmark terkenal dan pemandangan kota dari seluruh dunia, seperti Patung Liberty, Menara Pisa, dan Puerta del Sol di Madrid cukup mengunjungi SkyLine Webcams (https://www.skylinewebcams.com/). Pada situs itu, Anda juga bisa melihat suasana kehidupan alam liar di Taman Nasional Tsavo East, Kenya, secara langsung.