Curiga Anak Alami Masalah Psikologis? Pelajari Ciri-Cirinya

Curiga Anak Alami Masalah Psikologis? Pelajari Ciri-Cirinya

116
0
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Menjadi orangtua berkewajiban untuk memantau prilaku buah hatinya secara ekstra dan kreatif. Bukan berarti over protective terhadap anak, hal ini bertujuan untuk mengetahui apa yang sedang dialami anak.

Cara memahami kondisi anak memang bukan hal yang mudah, dikutip melalui TheHealthSite bahwa pentingnya kepekaan orangtua merupakan kunci utama. Terkadang kita dapat mengetahui perubahan sikapnya, tapi kadang kita juga merasa tidak ada apa-apa, padahal anak sedang mengalami masalah besar.

Untuk mengetahui masalah si kecil, kita sebagai orangtua perlu perhatikan perubahan-perubahan berikut agar kita mampu menjadi solusi bagi sang buah hati, diantaranya :

1.       Prestasi menurun drastic

Jika anak tidak biasa mendapatkan nilai lebih rendah dari harga normal, maka kita perlu curiga. Bisa kelemahan belajar mata pelajaran tertentu, kemalasa, kebutuhan perhatian lebih, atau masalah pertemanan di sekolah yang mempengaruhi prestasinya.

Maka dari itu, pentingnya orangtua menelusuri tanpa menghakimi anak.

2.       Sangat sensitif

Emosi negative memang dimiliki setiap manusia, terlebih pada anak remaja.  Perubahan suasana hati remaja memang hormonya sedang berfluktuasi. Maka tak heran jika mereka lebih rentan mengalami stress dan depresi. Maka, saat moment seperti ini orangtua harus bisa jadi teman bicara yang menyenangkan.

3.       Menyembunyikan sesuatu

Ketika anda merasa anak telah menyembunyikan sesuatu, bahkan tampak tak seperti biasanya. Orangtua perlu mencurigai dan mengevaluasi diri, sebab hal ini menunjukan kalau anak tak lagi mempercayai and. Artinya, hubungan komunikasi antara anak dan orangtua tidak berjalan dengan baik dan mungkin ada rahasia besar yang disimpannya.

4.       Perubahan pertemanan

Mencari teman baru memang hal yang baik, tapi ini menjadi peringatan bagi orangtua ketika anak mereka berhenti menghabiskan waktu dengan satu kelompok dan mulai  bergaul dengan kelompok yang lain.

Perubahan teman perlu benar-benar diperhatikan, terlebih jika membawa pengaruh buruk pada anak. Penting sekali agar orangtua mengenal dekat dengan teman anak.

LEAVE A REPLY