Ciri Anak yang Rentan Jadi Korban Bully dan Cara Mencegahnya

Ciri Anak yang Rentan Jadi Korban Bully dan Cara Mencegahnya

167
0
SHARE
ilustrasi. Foto : lahuelladigital.com

Majalahayah.com, Jakarta – Bullying atau perundungan merupakan suatu tindakan yang sengaja dilakukan seseorang atau kumpulan untuk terluka secara fisik, verbal, atau psikologis orang lain. Hal ini bisa menimpa siapa saja dan kapan saja tanpa melihat jenis kelamin.

Dra Ratna Djuwita, Dipl. Psych, dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyebutkan meski kesannya perempuan yang paling sering muncul terekspos jadi korban bully, sebenarnya laki-laki juga banyak yang menjadi korban perundungan.

“Mungkin karena (kasus bully pada perempuan lebih banyak terdengar –red) perempuan kan biasanya lebih tidak berani melawan, tapi anak laki bisa saja karena nggak divideo aja. Banyak kok,” kata Ratna dikutip dari detikHealth.

Menurutnya, bully terjadi karena adanya ketidaksetaraan power atau kekuasaan antara perundung dan korban. Pelaku bully biasanya akan memilih anak-anak yang memiliki percaya diri yang kurang. Selain itu, anak yang kurang pandai bergaul dan bersosialisasi juga rentan jadi sasaran.

“Sebetulnya bukan karena miskinnya si korban atau bukan karena dia minoritas tapi karena kepribadiannya lemah makanya pelaku tau dia bisa nih jadi saya jadikan korban,” ungkap Ratna.

Salah satu contoh pencegahnya, tambah Ratna, kalau dia memang rentan dibully jangan kemana-mana sendiri, usahakan selalu punya temen, dan biasanya anak remaja yang dibully itu dia nggak berani cerita ke orang karena dia sendiri malu mengakui keadaannya.

Jika sudah ditetapkan seperti itu, orang tua dan lingkungan juga harus peka terhadap tanda-tanda yang ditunjukkan anak. Bantu anak sehingga mau bercerita tentang pengalaman yang menimpanya.

LEAVE A REPLY