Majalahayah.com, Jakarta – Ditengah besarnya berita hoax yang bertebaran di Instagram, salah satu platform yang sedang diminati milenial ini mempermudah penggunanya untuk mengajukan tanda centang biru alias akun yang terverifikasi.

Hal ini dilakukan agar para pengguna Instagram terlindungi dari penyebaran berita hoax. dilansir dari CNBC, Menurut Chief Technology Officer Instagram, Mike Krieger, akun Instagram dengan jumlah pengikut yang banyak akan dapat mengajukan permohonan centang biru dengan mudah lewat menu pada bilah setting di akun.

Meski begitu, pengajuan verifikasi tidak serta merta langsung disetujui, Instagram akan meninjau terlebih dahulu akun yang mengajukan permohonan.

“Kami tahu kami memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, untuk menjaga orang-orang jahat jauh dari Instagram. Dan kami berkomitmen untuk terus membangun lebih banyak alat untuk melakukan hal tersebut,” ungkap Mike.

“Kami telah berfokus pada keamanan platform sejak awal, dan pembaruan hari ini meningkatkan kemampuan yang ada, seperti filter konten spam dan penyalahgunaan serta kemampuan untuk melaporkan atau memblokir akun,” lanjutnya.

Meskipun demikian Instagram tidak menjelaskan lebih rinci berapa banyak jumlah minimum follower akun untuk dapat mengajukan verifikasi biru. Namun yang jelas Instagram beranggapan bahwa semakin besar jumlah pengikut, maka semakin besar pula potensi untuk menebarkan informasi yang salah sehingga akan semakin mudah pengajuan verifikasi biru untuk akun tersebut.

Instagram tidak membagikan berapa banyak pengikut akun yang harus memenuhi syarat, tetapi pengguna yang memiliki potensi untuk menjangkau audiens besar akan memenuhi syarat karena mereka memiliki kesempatan lebih besar untuk menyebarkan informasi yang salah atau membuat penipu menyesatkan orang.

Beberapa kategori yang memenuhi syarat untuk verifikasi misalnya adalah tokoh masyarakat, selebriti, merek atau entitas global. Pengguna yang telah memenuhi syarat, akan dapat menemukan opsi “request verification” pada bagian setting. Lewat tombol inilah pengguna bisa mengajukan permohonan centang biru.

Pengguna akan menerima konfirmasi apakah pengajuannya diterima atau tidak melalui tab notifikasi. Instagram menegaskan jika pengajuan ini gratis alias tidak dipungut biaya. Selayaknya Facebook, Instagram kini memang tengah gencar memberantas akun-akun palsu dan fokus pada keamanan platform.

Selain mempermudah pengajuan centang biru, Instagram juga melakukan beberapa pembaruan pada beberapa fitur seperti filter spam dan fitur pemblokir akun.