Majalahayah.com, Jakarta – Pencegahan virus corona tengah ramai digalakkan di Indonesia.

Meski Indonesia belum memiliki pasien positif, pemerintah mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan berhati-hati terhadap penularan virus berbahaya ini.

Salah satunya adalah dengan mencuci tangan yang baik dan benar.

Lalu harus berapa lama cuci tangan sehingga tangan kita bisa dikatakan benar-benar bersih? secara durasi waktu disebutkan cucilah tangan paling tidak selama 20 detik. Seperti dianjurkan Royal Pharmaceutical Society, 20 detik tersebut sama dengan ketika kita menyanyikan lagi Happy Birthday sebanyak dua kali.

Namun bukan hanya soal durasi 20 detik, teknik dalam mencuci tangan juga harus tepat. Teknik yang tepat ketika mencuci tangan, ialah pertama fokus pada bagian punggung tangan, sabuni kedua punggung tangan, lalu gosok dan sabuni bagian sela-sela jari tangan, lanjut ke bagian bawah kuku-kuku agar diri bersih dari bakteri berbahaya. Di sela-sela mencuci tangan, hindari menyentuh mata dan hidung.

Cuci tangan sesering mungkin, sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi dan tutupi hidung dan mulut saat bersin dan jangan lupa untuk cuci tangan lagi. Ketika jatuh sakit, usahakan untuk tetap banyak minum air mineral dan sebaiknya tinggal istirahat di rumah ketimbang memaksakan diri tetap beraktivitas, pergi bekerja kantor atau sekolah misalnya

Sementara itu, Presiden Royal Pharmaceutical Society, Ash Soni mengatakan bahkan ketika diri kita tetap tidak terpengaruh oleh virus yang kita bawa, jika kita tidak mencuci tangan maka kita dapat menularkan infeksi kepada orang lain yang lebih rentan. Demikian seperti disitat Thetravelmagazine, Senin (2/3/2020).