Home Parenting Cara Seru Agar Anak Tak Bosan Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Cara Seru Agar Anak Tak Bosan Menunggu Waktu Berbuka Puasa

178

Majalahayah.com, Jakarta – Mengajarkan anak untuk berpuasa jadi memang hal wajib bagi orangtua. Namun, penting diketahui jangan sampai memaksanya untuk melakukan ibadah penuh keberkahan ini. Buatlah suasana Ramadan yang seru dan menyenangkan.

Menciptakan momen dan pengalaman tak terlupakan pada anak, kita bisa sekaligus menanamkan nilai-nilai positif yang berkaitan dengan bulan suci ini. Berikut beberapa ide aktivitas ngabuburit seru yang bisa dilakukan bersama anak.

1. Pernak-pernik bertema Ramadan
Kita bisa membuat aneka pernak-pernik bertema Ramadan. Berbekal aneka kertas lipat, kertas warna-warni, spidol, dan gunting, kita bisa membuat berbagai dekorasi untuk memeriahkan atmosfer Ramadan di rumah. Kegiatan ini bisa membuat waktu untuk menunggu waktu berbuka piasa jadi tidak terasa lama.

2. Menyiapkan makanan kecil untuk berbuka

Kita bisa melibatkan anak unutk menyiapkan takjil untuk dibagiakn ke para tetangga. Atau membuat takjil untuk kemudian dikirim ke panti asuhan. Kita bisa sekaligus membangun kepekaan sosial pada anak melalui aktivitas ini. Berbagi kepada sesama menjadi kegiatan positif yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan.

3. Cerita kisah Nabi

Ada banyak buku cerita yang berisi kisah teladan Nabi-Nabi. Cari yang penuh gambar dan ilustrasi menarik. Anak-anak bisa belajar banyak hal, seperti akhlak, empati dan tentunya keimanan dari cerita yang kita bacakan.