Home Parenting Cara Nyata Buat Anak Anda Merasa Merdeka

Cara Nyata Buat Anak Anda Merasa Merdeka

236
Foto : Ilustrasi anak cinta belajar. Sumber www.istarenglish.edu.vn

Majalahayah.com, Salah satu tonggak perkembangan terbesar untuk balita adalah memiliki jiwa merdeka, bahwa mereka mengendalikan nasib mereka sendiri. Meski tidak bisa berbuat banyak, betapapun kecilnya, bantu buah hati Anda memahami betapa pentingnya hidup mandiri.

Banyak cara untuk para orang tua untuk membangun kemandirian anak sejak dini, seperti membiarkan mereka mengikat tali sepatu, membalikan halaman buku yang sedang Anda baca, dan hal kecil lainnya.

Biarkan anak melakukannya sendiri

Tanpa Anda sadari, anak selalu memperhatikan apa yang orang tua lakukan saat ia berada didekatnya. Ketika itu, biarkan mereka terlibat. Bantu anak untuk memakai sepatunya sendiri, namun secara praktis biarkan ia menyelesaikan misinya.

Puji upaya anak

Melakukan sesuatu sendiri untuk pertama kalinya sangatlah menarik! Jangan beri kesan tak acuh pada anak. Setelah misi anak Anda selesai untuk makan siang, biarkan mereka membuang bungkus ke tempat sampah (buat balita praktis), puji dan biarkan ia meledak dengan bangga pada apa yang telah ia capai.

Beri anak pilihan

Hal kecilnya semisal saat orang tua memakaikan anak pakaian, biarkan balita Anak memilih pakaiannya sendiri. Sebagian besar anak-anak tidak akan bisa mengenakan pakaiannya sendiri sampai sekolah dasar, tetapi Anda dapat menanam benih dengan memintanya memutuskan pakaian apa yang ingin dia kenakan untuk hari itu.

Beri tanggung jawab

Dia belum siap untuk mengepel, tetapi balita Anda dapat berkontribusi menjaga kebersihan ruang kerjanya dengan menempatkan pakaian kotor di keranjang cucian anak-anak di kamarnya setelah dia memakainya.

Penting untuk ditekankan adalah bahwa ini adalah ranah anak Anda, dan sebagai penguasa ranah tersebut, ia akan ingin memastikan semuanya ada di tempat yang tepat.

Beri mereka pengertian bahwa menjaga kamarnya tetap rapi bukanlah hukuman, itu adalah hak istimewa yang datang dari bertanggung jawab.

Lupakan menjadi sempurna

Mencoba melakukan hal-hal untuk diri sendiri sangat sulit pada batita. Sangat sulit bahwa sebenarnya sekitar separuh tugas yang selesai untuk anak Anda tidak akan memiliki kemiripan dengan hasil yang Anda inginkan. Tidak apa-apa. Ini adalah satu kali di mana frasa terlalu sering melakukan.

Biarkan mereka berkelahi habis-habisan

Jika anak Anda terlibat pertengkaran dengan anak lain di taman bermain, berikan mereka sedikit ruang untuk melihat apakah mereka bisa menyelesaikan masalah ini sendiri . Mereka mungkin hanya seorang balita, tetapi mereka mulai belajar bahwa orang lain juga memiliki perasaan, dan tidak semua orang berpikir persis seperti yang dia lakukan tentang bermain atau berbagi mainan.

Jika pertarungan tidak selesai, Anda dapat masuk tetapi tetap memungkinkan anak-anak bekerja sama untuk mencari solusi. Mintalah masing-masing untuk sisi ceritanya, lalu ulangi kembali untuk memastikan semua orang mendengar apa yang dirasakan orang lain.

Mintalah setiap anak memikirkan cara untuk membantu temannya merasa lebih baik tentang situasi tersebut. Cobalah untuk mengimplementasikan saran mereka sebaik mungkin, dan lanjutkan.