Majalahayah.com, Jakarta – Iman setiap orang tentu berubah-ubah, kadang naik kadang turun. Lalu bagaimana cara mengatasi meningkatkan iman dan takwa?

Ustadz Abdul Somad menjelaskan, Imam Muslim telah membuat satu bab dalam Kitab Shahih Muslim tentang iman yang bertambah dan ada yang berkurang.

“Kapan dia bertambah? Bertambah dengan ketaatan. Berkumpul dengan orang taat dalam sebuah ketaatan sholat, zikir, baca Alquran di tempat majelis taat, maka iman akan nambah,” ujarnya sebagaimana dikutip dari akun Instagram @Abdul Somad.

Lebih lanjut iman akan berkurangan karena maksiat. “Coba perhatikan group, ada berapa group di handpohone, 10 group. Group mana yang membuat kita taat? Group mana yang membuat kita maksiat, out (dari situ), cabut,” ucapnya.

Abdul Somad menuturkan untuk mencegah menurunnya iman maka mau tidak mau harus cabut dari group maksiat. “Karena ini hidup singkat, mana tahu kapan kita mati,” ucapnya.

Nah untuk meningkatkan iman maka diupayakan berkumpul dengan orang-orang taat. Misalnya jika dalam komunitas, kalau kumpul sebaiknya udang ustadz untuk mengisi kajian. “Kira-kira ustadz siapa yang mau kita undang untuk kajian sore kamis,” ucap Abdul Somad.

Pada intinya ulama asal Riau ini menyarankan agar berkumpul pada acara-acara siraman rohani, bahkan bisa juga bikin aca pengajian sendiri.

“Nanti kira-kira sore ahad kita buat program tabligh akbar apa? Nanti subuhan kita sholat subuh di masjid mana? Dengan biker subuhan, dengan komunitas hijrah. Kalau membuat taat, lanjutkan. Kalau membuat maksiat, stop,” pungkas Abdul Somad.