Majalahayah.com, Jakarta – Tak hanya pada orang lanjut usia, nyeri lutut juga bisa dirasakan oleh mereka yang masih belia. Cara mengatasi yang tepat akan membantu meredakan nyeri lutut.

Rasa sakit atau ngilu pada bagian lutut umumnya disebabkan oleh cedera atau kondisi medis pendukung seperti arthritis, gout, dan infeksi.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri ini. Mulai dari konsumsi obat-obatan hingga berkonsultasi pada medis.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi nyeri lutut secara alami. Mengutip berbagai sumber, berikut caranya.

1. Ekstrak jahe

Tak hanya bisa digunakan untuk beragam masakan dan minuman, jahe juga bisa membantu mengatasi nyeri persendian.

Mengutip dari Healthline, sebuah studi pada orang dengan arthritis menemukan, jahe dapat mengurangi rasa sakit saat dipadukan dengan perawatan lain untuk arthritis.

2. Minyak aroma terapi

Minyak aroma terapi juga diklaim dapat mengatasi rasa ngilu. Oleskan minyak aroma terapi yang mengandung kayu manis, jahe, atau wijen untuk meredakan rasa sakit.

3. Pijat

Bukan rahasia lagi, pijat umumnya ampuh untuk mengatasi rasa nyeri pada persendian meski hanya dalam jangka pendek. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Pain Medicine menyebut, pijat bisa menurunkan rasa nyeri, lebih merasa rileks, dan meningkatkan kualitas hidup.

Anda bisa melakukan pijat pada lutut yang nyeri tanpa perlu mendatangi terapis. American Massage Therapy Association (AMTA) merekomendasikan beberapa gerakan pijat.

Langkah pertama, ambil posisi duduk sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat (lutut menghadap atas/depan, kaki menapak lantai seutuhnya). Satukan kedua tangan hingga membentuk kepalan, lalu pukulkan pada sekitar lutut sebanyak 10 kali.

Kemudian, urut paha mulai dari bagian pangkal hingga lutut dengan tangan (bagian telapak tangan paling bawah dekat pergelangan). Lakukan hal yang sama pada bagian samping dan dalam paha.

Lalu, jepit otot lutut dengan empat jari tangan, tarik, dan lepaskan. Ulangi hingga beberapa kali.

Setelah itu, pijat paha, terutama sekitar lutut dengan telapak tangan. Lakukan gerakan dari atas lutut lalu turun.

4. Terapi panas dan dingin

Es merupakan ‘obat’ antiinflamasi yang alami. “Es baik untuk lutut saat terjadi peradangan,” ujar ahli bedah ortopedi, Darwin Chen, mengutip Everyday Health. 

Sementara rangsangan panas baik untuk menghangatkan lutut hingga siap kembali menjalani aktivitas.

Namun, jangan oleskan es atau air panas pada lutut secara langsung. Selalu gunakan handuk untuk mengaplikasikannya.

5. Diet kaya buah dan sayur

Orang dengan berat badan berlebih berisiko mengalami nyeri lutut lebih sering. Hal ini disebabkan oleh sendi yang harus bekerja ekstra untuk menopang berat badan. 

Untuk mengatasinya, berikan tubuh banyak asupan buah dan sayur. 

Mengutip Medical News Today, Arthritis Foundation merekomendasikan diet Mediterania dengan banyak memasukkan menu-menu segar. Diet ini menyarankan Anda untuk mengonsumsi banyak produk segar seperti sayur, buah, biji-bijian, dan bahan alami lainnya.

Diet juga merekomendasikan Anda untuk menghindari produk makanan dan minuman olahan.