Uang Baru yang Diluncurkan Bank Indonesia Hari Ini (19/12/2016), sumber: istimewa

Majalajayah.com, Jakarta – Kementerian Keuangan menyebut anggaran untuk program kartu sembako mengalami peningkatan dari sebelumnya. Hal ini menyusul dinaikannya penerima dan manfaat yang diterima dari kartu sembako imbas dari pandemi virus corona (covid-19).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, untuk mendukung program jaring pengaman sosial di tengah corona, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp43,6 triliun. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan anggaran awalnya yang hanya Rp28 triliun

“Anggaran untuk kartu sembako meningkat dari awalnya Rp28 triliun menjadi Rp43,6 triliun. Dan ini tentunya kita akan siap dukung kebijakan Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) dan Peraturan Presiden (Perpres) yang dijalankan pemerintah dalam waktu ke depan,” ujarnya dalam telekonferensi, Kamis (8/4/2020).

Menurut Askolani, kenaikan ini juga diimbangi dengan kenaikan manfaat yang diterima. Semula manfaat yang diterima dari program ini hanya Rp150.000 per bulan kini naik menjadi Rp200.000 per bulan.

Selain itu, bantuan ini juga akan diberikan selama 9 bulan oleh pemerintah. Ini bertambah tiga bulan dari yang sebelumnya bantuan kartu sembako hanya diberikan selama 6 bulan saja.

Selain itu, jumlah penerima manfaat juga ditambah sebanyak 4,8 juta keluarga dari sebelumnya hanya 15,2 juta keluarga. Sehingga total penerima manfaat dari kartu sembako ini adalah 20 juta keluarga.

“Sehingga coverage-nya jadi lebih banyak dan luas. Mereka bisa belanjakan kebutuhan pokok yang lebih fleksibel,” kata Askolani.

Menurut Askolani, untuk 15,2 juta penerimavsudah mendapatakan bantuan kartu sembako pada bulan ini. Sedangkan untuk 4,8 juta sisanyaa akan menyusul, mengingat sedang dikooridnasikan dengan perbankan milik pemerinatah (himbara).

“Paket ini sudah dilaksanakan Kementerian Sosial April untuk tambahan 15,2 juta menjadi Rp200.000 dan untuk 4,8 juta yang sedang dikonsolidasikan kemensos dengan perbankan Himbara sejak April,” jelasnya