Home Parenting Bunda Kenali Ciri-ciri Anak Sedang Stres

Bunda Kenali Ciri-ciri Anak Sedang Stres

178
Foto : Ilustrasi Google

Majalahayah.com, Jakarta – Ceria dan menyenangkan memang sudah menjadi identik dengan kehidupan anak-anak. Apapun kondisinya, anak selalu ingin bermain bersama orang-orang terkasih disekelilingnya.

Namun, para orangtua wajib memperhatikan jika kondisi anak sudah mulai berubah tak lagi ceria seperti sedia kala. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan anak sedang merasa tertekan di lingkungannya.

Dikutip melalui dream, stres dalam diri bukan hanya orang dewasa dapat merasakannya, faktanya stres mampu menyerang buah hati anda.

Tekankan yang dirasakan oleh anak dapat memicu stres pada anak, misalnya mengetahui orangtuanya berpisah (cerai), kematian saudara/nenek kakeknya, atau bisa disebabkan lingkungan baru sehingga mengalami perundingan (bully).

Salah satu tanda jelas saat anak stres adalah perubahan sikap dan temperamen. Anak jadi lebih mudah terpancing emosinya dan terlihat gelisah. Saat ditanya, mereka tak bisa menjelaskan sikap buruknya.

Hal ini karena anak belum bisa mendeskripsikan emosinya dengan baik. Tanda lainnya adalah anak kerap mengeluhkan sakit perut dan sakit kepala. Saat diperiksa dokter tak ada masalah apapun

Biasanya dokter akan menangkap ‘sinyal’ stres dan membicarakan hal ini dengan orangtua. Anak juga kerap bermimpi buruk, sulit tidur, kehilangan nafsu makan, menarik diri atau tak mau sekolah.

Cobalah lebih peka terhadap perubahan sikap anak. Jika dirasa sangat berbeda, tak ada salahnya untuk mengajak si kecil berkonsultasi dengan psikolog anak untuk mencari tahu penyebab dan mendapat solusi yang tepat.