Home Parenting Bunda dan Ayah Ini 3 Cara Manajemen Waktu untuk Keluarga

Bunda dan Ayah Ini 3 Cara Manajemen Waktu untuk Keluarga

74

Majalahayah.com, Jakarta – Setiap individu tentunya mempunyai peran, bukan hanya orangtua tapi juga sebagai istri atau suami, anak, pekerja atau tetangga. Tentunya setiap hubungan membutuhkan waktu untuk menjalin kedekatan dan kehangatan, maka tak heran tantangan utama orangtua sekarang adalah waktu.

Pegiat Organisasi Pendidikan dan Keluarga Najelaa Shihab katakan waktu 24 jam dalam sehari amat penting dipelajari orangtua dipergunakan dengan baik.

Berikut beberapa faktor penting yang dapat mengelola waktu dengan baik bagi para orangtua.

1. Sensitif terhadap kebutuhan anak

Orangtua membutuhkan waktu lebih banyak bersama anak. Kita harus mengetahui pola bangun dan tidur anak, sehingga kita tahu kapan waktu yang pas untuk anak agar bisa berbicara santai dengan kita.

“Mengatur jadwal sehari-hari anak juga penting misalnya seperti rutinitas harian atau mingguan. Seperti mengantar sekolah, sholat magrib berjamaah, lari pagi di akhir pekan dan komitmen bersama,” ucapnya dalam buku keluarga kita.

2. Sensitif terhadap kebutuhan diri sendiri

Kondisi fisik dan emosi seperti kelelahan sangat berpengaruh pada kegiatan sehari-hari bersama anak maupun anggota keluarga lainnya.

“Pastikan thau apa yang kita rasakan, misalnya kapan kita butuh istirahat dan komunikasikan dengan orang terdekat agar tidak terjadi perpecahan,” imbuhnya.

3. Memahami kaitan antara kualitas dan kuantitas

Kualitas hubungan tidak akan tercapai tanpa kualitas interaksi yang cukup. Interaksi ini menurut Najelaa menjadi lebih penting dalam hubungan orangtua dengan anak.

“Setiap tahap perkembangan punya tantangan yang berbeda termasuk dalam waktu, seperti anak usia 0-2 tahun butuh interaksi intens karena sedang membangun keterkaitan dengan orang baru di sekitarnya,” tandasnya.