Bolehkah Orangtua Mengucapkan Kata ‘Jangan’? Ini Jawabannya

Bolehkah Orangtua Mengucapkan Kata ‘Jangan’? Ini Jawabannya

100
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Tidak ada orangtua yang sempurna dalam mendidik buah hati. Namun, meskipun demikian bukan berarti orangtua berhanti meraih ilmu dalam pola asuh. Kata larangan atau jangan kerap kali membuat ayah dan bunda bingung, apakah boleh di lontarkan kepada anak atau tidak.

Ustadz Bendri Jaisyurrahman sebagai Konselor Remaja dan Keluarga serta Penggiat Komunitas Sahabat Ayah menjelaskan bahwa jika anak masih dalam usia golden age kata ‘hati-hati’ lebih baik daripada kata ‘jangan’.

Baca juga :   Peran Orangtua Dan Guru Adalah Kesatuan Penting Guna Mencerdaskan Anak

“Anak umur 0-5 tahun itu sedang senang bereskplorasi jadi tidak disarankan untuk mengucapkan kata jangan. Cucu Rasulullah naik kepunggungnya ia tidak melarangnya. Karena anak umur segitu belum paham soal adab,” ujarnya saat mengisi materi “Membangun Madrasah Cinta dari dalam Rumah” di Kolla Space, Jakarta Pusat (22/12/2018).

Jika anak sudah memasuki usia 6 tahun, Ustadz Bendri tuturkan kata ‘jangan’ boleh dilontarkan dengan catatan diakhiri solusi. Dan jika anak sudah memasuki usia baliq boleh tegas ucapkan kata jangan, sebab Ustadz sampaikan umur yang telah dilaluinya sudah berkaitan dengan adab dan akhlak.

Baca juga :   Ini Bedanya Menatap Bintang Ala Anak-Anak dengan Orang Dewasa

“Anak yang tertekan itu dapat terlihat dari mimik wajahnya saat tertawa ataupun sedang beraktivitas. Bergerak jadi tidak lincah ragu-ragu, ekspresinya minimalis dan anak menjadi tidak berani menatap orang tuanya itu sudah berbahaya kalau anak selalu tertekan dengan kata jangan saat masih balita,” tukasnya.