Home Kesehatan Bisa Mengingat Mimpi? Tanda Otak Sangat Aktif

Bisa Mengingat Mimpi? Tanda Otak Sangat Aktif

216
Ilustrasi mimpi. Sumber www.merdeka.com

Majalahayah.com, Jakarta – Tanda anugerah terindah manusia salahsatunya adalah tidur, sebagai istirahat dan penyeimbang metabolisme tubuh. Setiap tidur tak lepas dari bunga tidur yang masing-masing beda dialami oleh setiap orang yaitu mimpi.

Sekelompok peneliti dari Perancis mengungkapkan bahwa orang yang mampu mengingat mimpinya adalah orang yang memiliki otak yang aktif. Hal tersebut dilakukan penelitian terhadap 41 partisipan dan mereka diminta mengingat mimpi mereka selama seminggu. Sekitar 20 diantara mereka hanya mampu mengingat 2 hingga 3 mimpinya. SedangkanĀ  21 diantara mereka yang bisa mengingat 5 dari 7 mimpinya sendiri.

Ketika tertidur dan bangun, orang yang bisa mengingat mimpinya memiliki aktifitas otak yang lebih banyak pada bagian prefrontal cortex dan temporo-parietal junction. Kedua bagian itu berkaitan dengan fungsi proses informasi berdasarkan release dari French National Institute of Health and Medical Research (INSERM).

Otak yang lebih aktif juga membuat mereka lebih mudah terbangun saat tidur sehingga kemampuan mereka untuk menyimpan mimpi lebih tinggi dibandingkan mereka yang sulit terbangun saat tidur. Peneliti menjelaskan bahwa otak yang tidur dan tidak menunjukkan keaktifan lebih sulit untuk menyimpan informasi, karena otak harus terbangun untuk melakukannya.