Bingung Ciptakan Susana Hangat di Rumah? Ini 10 Rekomendasi Bermain Bersama Anak

Bingung Ciptakan Susana Hangat di Rumah? Ini 10 Rekomendasi Bermain Bersama Anak

382
0
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Bermain bersama adalah cara efektif membuat anggota keluarga lain merasa keberadaannya dihargai dan dianggap penting. Pengalaman ini akan berdampak positif pada kualitas hubungan. Seperti yang Najelaa Shihab tuliskan dalam buku “Keluarga Kita” bahwa humor efektif dapat mengurangi ketegangan.

“Seperti saat melihat sesuatu kondisi, misalnya krisis keluarga. Humor dan bermain menjadi memori yang berarti dan melekatkan hubungan,” tulisnya.

Untuk itu, Najelaa contohkan beberapa jenis permainan yang baik dilakukan bersama anak atau anggota keluarga.

  1. Floor Time : Bermain sesuai agenda anak

Permainan dipimpin oleh anak, orangtua mengikuti dan menghargai pilihan permainan anak

       2. Rough dan Tunble : Permainan dengan kontak fisik

Anak belajar mengendalikan tubuh, mengatasi emosi intens.

        3. Bercerita dan membaca dengan berbagai bentuk

Membaca adalah cara efektif untuk mengajarkan anak keterampilan lintas disiplin ilmu. Melalui bacaan, orangtua juga dapat membahas isu-isu yang sulit untuk dibicarakan langsung.

         4. Bermain peran dan pura-pura

Permainan ini selain penting untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, juga menjadi kesempatan yang baik untuk bertukar peran, menghadapi situasi unik dan memahami prespektif anak.

         5. Tantangan Fisik dan Kompetisi

Menghadapi tantangan dengan sikap positif tanpa bermain curang mengalami menang atau kalah, keberhasilan atau kegagalan dalam situasi aman.

“Kadangkala ada jenis permainan tertentu yang lebih sering dilakukan atau peran terntu yang lebih disukai anak. Namun, eksplorasi dan kombinasi kegiatan yang beragam akan mendukung perkembangan anak yang utuh,” tutur Najelaa.

Pastikan orangtua tetap bercerita dan membaca walaupun ada periode anak kelihatan lebih bersemangat bermain di taman karena konsistensi dan kebiasaan keluarga akan terus menjaga minat dan kemampuan anak.

“Kadang kita enggan main bersama anak karena membayangkan harus mengalokasikan waktu berjam-jam sehingga malah tertunda-tunda. Padahal banyak aktivitas dan interaksi sehari-hari yang bisa diubah menjadi permainan dan suasana yang menyenangkan. Orang tua tidak perlu menjadi pelawak untuk menikmati humor dengan anak di usia berapapun,” lanjutnya.

            6.  “Menghidupkan” benda mati

Kaos kaki yang sedih karena tidak menemukan pasangannya atau wortel yang takut ditinggal teman-teman lauk lainnya sendirian.

           7. Memberikan tantangan

Siapa yang bisa duluan selesai mandi, siapa yang bisa memasangkan piring dengan sendok garpu diatas meja.

           8. Menggunakan suara lucu

Menjadi robot atau suara mesin, nenek sihir atau bayi kecil sambil ngobrol atau mendongeng.

           9. Bermain drama

Bertukar peran dengan anak, menirukan gaya anggota keluarga lain tanpa meledek atau karekater kesukaan.

        10. Berpura-pura tidak paham akan sesuatu

Ibu yang bingung apakah piring sebaiknya dibersihkan dengan sabun mandi atau sabun cuci setelah makan, ayah yang salah memasukan barang ke tempat penyimpanan.

Nah, itu 10 rekomendasi permainan untuk menciptakan suasana hangat di keluarga. Bermain memudahkan anak untuk berkerja sama dan membangun kekuatan hubungan.

LEAVE A REPLY