Berikut Negara yang Melarang Boeing 737 Max

49
SHARE
Boeing. (Foto: latimes)

Majalahayah.com, Pasca jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines, pada Minggu 10 Maret 2019, yang menewaskan 157 penumpang dan awak, sejumlah besar negara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia telah melarang pengoperasian Boeing 737 MAX atau melarang pesawat itu terbang di wilayah udara mereka.

Kecelakaan di Addis Ababa itu hanya berselang kurang dari lima bulan setelah jatuhnya pesawat Lion Air dengan jenis yang sama di Laut Jawa, menewaskan 189 penumpang dan awak. Negara mana dan maskapai penerbangan apa saja yang sudah melarang terbang pesawat Boeing jenis 737 MAX? Berikut negara yang melarang Boeing 737 MAX dikutip dari okezone.

Baca juga :   Ini Penjelasan Psikolog Terkait Prilaku Arogan Generasi Milenial

Australia

Pemerintah Australia telah mengumumkan larangan sementara pesawat Boeing 737 MAX, meskipun tidak ada satu pun maskapai negara kanguru itu yang mengoperasikan jenis pesawat tersebut. Otorita Keselamatan Penerbangan Sipil hari Selasa (12/3) mengatakan larangan itu ditujukan pada dua maskapai penerbangan asing – SilkAir dan Fiji Airways – yang menggunakan jenis pesawat itu untuk terbang ke Australia.

Afrika Selatan

Comair, pengelola British Airways dan Kulula di Afrika Selatan, telah melarang terbang seluruh Boeing 737 MAX 8 sambil melanjutkan konsultasi dengan Boeing, operator penerbangan lain dan pakar-pakar teknis. Pernyataan itu tidak merinci berapa banyak pesawat yang terkena dampak, namun menegaskan bahwa keputusan diambil tanpa campur tangan siapa pun.

Baca juga :   Peneliti Temukan Alasan Sulit Bangun Pagi

Amerika

Administrasi Penerbangan Federal (FAA), Rabu (13/3), melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX, dengan mengatakan “informasi baru” menunjukkan sejumlah kemiripan antara pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air yang sama-sama jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara. FAA mengeluarkan larangan terbang itu sementara tim penyelidiknya masih berupaya menentukan apakah ada penyebab yang sama dalam dua kecelakaan itu. FAA telah dikecam karena tetap membiarkan Boeing 737 MAX terbang, sementara sejumlah negara telah mengeluarkan larangan sejak Senin (11/3/2019).