Berikut Nama Calon Ketua PSSI Versi Nitizen, Ahok Salah Satunya

Berikut Nama Calon Ketua PSSI Versi Nitizen, Ahok Salah Satunya

289
0
SHARE
Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). (Foto: Twitter)

Majalahayah.com -Jakarta – Posisi Ketua Umum PSSI yang kosong setelah lengsernya Edy Rahmayadi usai Kongres tahunan di Bali, Ahad, 20 Januari 2019, mulai dilirik peminat. Banyak media yang mulai menyoroti calon-calon yang cocok untuk mengisi kursi panas Ketua PSSI.

Ada beberapa nama yang direkomendasikan oleh nitizen, ada juga yang sudah memberikan kode ketertarikan mereka seperti berikut ini:

Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Cak Imin yang menjabat sebagai ketua PKB memberikan pernyataan ketertarikan menjadi ketua PSSI.

Pernyataan Cak Imin soal PSSI disampaikan lewat akun twitternya. “Saya siap memimpin PSSI, biar beres, biar berprestasi, masuk gelanggang dunia,” tulis Cak Imin, Selasa, 22 Januari 2019.

Cuitan tersebut langsung mendapat banyak perhatian di twitter. Muncul yang pro dan kontra.

Mereka yang pro langsung menyatakan dukungannya. “Kami slalu mendukung cak imin ketum pssi,” kata Mukhlis Biwafa (@MukhlisBiwafa23). Netizen dengan nama Gunawan Abdi (@GunawanAbdi5) juga menulis, “Cak imin layak jadi ketum PSSI Karena Beliau declaratory Logan Santri Indonesia.”

Di antara yang kontra juga ada presenter yang kerap memandu acara bola, Darius Sinathrya. “Mohon maaf Cak Imin, dengan segala hormat, rasanya lebih baik anda fokus di politik dan Partai. Kami sudah lelah dengan sepakbola yang dieksploitasi berbagai kepentingan, saya ragu anda bisa melepas PSSI dari agenda di luar sepakbola. Tabik,” cuit dia.

Meski demikian, keinginan Cak Imin bisa jadi terbentur aturan statuta PSSI yang mengharuskan calon ketum-nya minimal lima tahun pernah aktif dalam persepakbolaan nasional. Sementara, Cak Imin selama ini lebih banyak berkutat di bidang politik dan keagamaan.

Mahfud MD dan Eric Tohir

Gelagat yang menunjukan keinginan untuk menjadi ketua PSSI juga di lakukan mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Melalui cuitannya di Twitter, Mahfud MD memang tak langsung mengarahkan dukungannya ke Erick Thohir untuk menjadi Ketua Umum PSSI. Namun menjadi menarik ketika Mahfud menyertakan dirinya dalam kata ‘bersama Erick Thohir’ sebagai pihak yang siap mendukung perbaikan PSSI.

“Bersama @erickthohir siap mendukung perbaikan PSSI,” tulus Mahfud disertai unggahan foto.

Twit Mahfud memang tak secara spesifik menunjukan dengan cara bagaimana dirinya dan juga Erick Thohir akan mendukung perbaikan PSSI. Namun dengan munculnya twit itu, netizen di dunia maya yang langsung berspekulasi keduannya berkeinginan untuk maju jadi pemimpin PSSI.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Beberapa kalangan mendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi ketua umum PSSI. Tapi maukah Ahok menduduki kursi panas tersebut?

“Ahok juga sosok yang lumayan ideal. Punya integritas, kredibilitas, dan leadership yang kuat. Cocok dengan kebutuhan PSSI saat ini,” ucap pengamat sepakbola Mohamad Kusnaeni yang di lansir dari detikSport.

Dengan ketegasannya, Ahok dinilai bisa membantu membereskan kondisi memprihatinkan yang ada di PSSI sekarang. Tapi, Kusnaeni juga tak menyangkal kalau beberapa catatan yang bisa mengganjal Ahok jadi ketum PSSI.

Namun pendapat berbeda di lontarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, wakil Ahok saat jadi Gubernur DKI Jakarta, meyakini Ahok tidak akan mau jadi ketua umum PSSI.

“Saya bisa pastikan nggak (jadi ketua umum PSSI). Beliau tidak punya pengalaman,” ucap Djarot.

LEAVE A REPLY