Majalahayah.com, Jakarta РKetua Umum Partai PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Perdana Menteri Mahathir Muhammad, Hotel Grand Hyatt, Jakarta pada Jumat, 29 Juni 2018. Pertemuan kedua tokoh politik antarnegara itu berlangsung secara tertutup pada pukul 15.00 WIB selama 30 menit.

Menurut Seketaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto pada pertemuan tersebut Megawati memberikan ucapan selamat atas kemenangan Mahathir Muhammad. Sambil bersenda gurau, Hasto menyebut, Megawati menanyakan strategi pemenangan pemilu.

“Karena kami sebentar lagi ada pileg dan pilpres yang saya juga punya tanggung jawab untuk memenangkan bapak Joko Widodo (Jokowi),” kata Hasto menirukan ucapan Mega di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Jakarta pada Jumat, (29/6/2018).

Selain itu Hasto menuturkan pertemuan Megawati dan Mahathir juga membahas mengenai persahabatan Indonesia dan Malaysia. Megawati juga mengusulkan untuk kerja sama kedua partai politik, dalam hal ini PDIP, dapat dilakukan dengan baik.

“Itu hal-hal strategis bagaimana menjaga dinamika politik regional, menjaga stabilitas di kawasan Asia,” ujarnya.

Hasto juga menjelaskan, pertemuan antara Megawati dan Mahathir berlangsung hangat. Sebab, kedua tokoh tersebut sudah bersahabat sejak lama.

“Pengalaman yang cukup panjang antara Mega dan Mahathir membuat pertemuan tadi terasa sangat akrab,” katanya

Megawati, kata Hasto, juga membawakan Mahathir oleh-oleh salak Bali saat pertemuan singkat tadi sore. Salak Bali merupakan buah favorit dari Perdana Menteri Malaysia tersebut.

“Persahabatan mereka sangat dekat. Ketika Ibu Mega jadi presiden juga sering mengirimkan salak Bali,” pungkasnya.