Majalahayah.com, Jakarta – GrabKitchen menawarkan beragam keunggulan yang mendorong bisnis kuliner untuk beradaptasi dan terus relevan dalam kondisi new normal. Terlebih jaringan cloud kitchen milik Grab tersebut telah hadir selama satu tahun dan telah berkembang di lima kota besar di Indonesia.

Head of Marketing GrabFood Indonesia, Hadi Surya mengatakan, hal ini tentu menawarkan menawarkan peluang ekspansi bisnis bagi para mitra merchant GrabFood yang sebagian besar merupakan UMKM, sekaligus menjangkau lebih banyak pelanggan.
“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan para mitra merchant yang telah memilih untuk mengembangkan bisnis mereka bersama kami. Kami yakin GrabKitchen akan memberikan peluang sukses terbaik untuk mereka. Kami akan terus memanfaatkan data untuk membantu mitra merchant mengoptimalkan bisnis mereka dan beradaptasi dengan new normal dengan memanfaatkan teknologi yang kami miliki,” ujar Hadi berdasarkan keterangan pers, Selasa (16/6/2020).
Berikut kemudahan dan manfaat yang bisa didapat para pengusaha makanan apabila mengembangkan bisnisnya bersama GrabKitchen:
1. Bermanfaat bagi banyak orang
Jauh sebelum pandemi sudah terlihat perubahan perilaku konsumsi masyarakat yang bergeser ke pemesanan online.
Melalui GrabKitchen, para merchant tetap dapat menjalankan bahkan mengembangkan bisnis, meski dalam situasi seperti saat ini. GrabKitchen telah menjadi jembatan bagi pengusaha-pengusaha untuk dapat terus melayani pelanggan dan menghidupi karyawan.
2. Standar kualitas dan kebersihan pangan yang terjamin
Meski diakui pendapatannya sedikit menurun selama pandemi, akan tetapi dengan kualitan dan kebersihan dari GrabKitchen membuat masyarakat tak ragu untuk membeli makanan pada merchant Grab.
Sejak awal bergabung, para merchant sudah berkomitmen untuk selalu menjunjung standar keamanan dan kebersihan makanan yang tinggi. Selain bersih, kualitasnya terjaga sehingga aman dikonsumsi.
3. Menjangkau lebih banyak pelanggan
Pandemi tentu turut memengaruhi bisnis kuliner karena seluruh restoran tidak diperkenankan melayani pelanggan yang ingin makan di tempat (dine-in) dan hanya boleh melayani pembelian online untuk dibawa pulang.
Dengan konsep virtual kitchen dari GrabKitchen, pelaku bisnis kuliner dapat terus menjalankan kegiatan operasionalnya dengan melayani pembelian atau pemesanan melalui online. Meski jumlah pengunjung yang makan di tempat menurun drastis, namun tidak dengan penjualan melalui aplikasi.
4. Mudah dan efisien
Berkolaborasi dengan GrabKitchen melebarkan peluang para merchant dalam mengembangkan bisnis berbasis online food delivery. Terlebih lokasi dapur GrabKitchen selalu terletak di tempat atau lokasi yang strategis. Ini tentu sejalan dengan tujuan bisnis banyak pelaku usaha.
Selain itu, pelaku usaha merasa sangat dimudahkan dalam menjalankan bisnis dan tak perlu mengeluarkan biaya operasional tinggi. GrabKitchen telah membantu dari sisi pemasaran dan tempat, sementara pelaku usaha hanya perlu menyediakan karyawan dan bahan makanan, mengingat semua infrastruktur yang sudah disiapkan.