Majalahayah.com, Jakarta – Liburan ke alam terbuka bersama keluarga tercinta jadi tantangan tersendiri bagi sahabat ayah. Meskipun tak mudah dan wajib prepare jauh-jauh hari, faktanya mengajak anak berlibur ke alam bisa membentuk karakter si kecil loh!

Memberikan jadwal rutin liburan ke alam terbuka untuk si kecil kita sebagai orangtua perlu tahu bahwa hal ini akan melatih anak berani bereksplorasi dan meningkatkan pengalamannya.

Ajeng Raviando, seorang psikolog anak dan keluargamenyampaikan, ketika anak tampak menikmati mencoba suatu permainan, maka ia akan lebih berani mencoba permainan lain tanpa diminta oleh orangtua.

” Usia 2-3 tahun, anak dapat diajarkan berbagai kemampuan baru seperti naik sepeda, berenang, dan lainnya. Pada usia 4-6 tahun, anak bisa diajak berjalan-jalan ke alam terbuka, seperti gunung dan pantai,” kata Ajeng seperti dikutip dari Liputan6.

Orangtua tidak perlu cemas, kekebalan tubuh yang baik dapat membawa si Kecil beradaptasi dengan stimulasi, khususnya di luar ruangan. Pada akhirnya, ini bertujuan membentuk ketangguhan anak.

Ajeng menambahkan penanaman karakter sejak dini penting untuk mempersiapkan anak menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam kehidupan. Misal, kegagalan, stres, tantangan, lingkungan baru, dan lainnya. Ada lima karakter yang sebaiknya diasah sejak dini.

“ Berani, yakni percaya diri dan mau mengambil risiko, mandiri, tidak bergantung pada orang lain dan banyak akal, serta bisa bertindak cepat dan efektif di bermacam situasi dan pandai mencari solusi,” tambahnya.

Dengan bermain di alam, anak akan lebih suka tantangan. Mencoba hal baru yang akan mengasah keberaniannya. Apalagi jika ada kegiatan kompetisi di dalamnya, bisa membentuk kekuatan mentalnya. Jadi, pastikan ajak si kecil main di alam.