Fahri, remaja yang kepalanya bocor, dok : yusuf
Fahri, remaja yang kepalanya bocor, dok : yusuf

Majalahayah.com, Jakarta – Konser perayaan ulang tahun Iwan Fals ke 55 tahun pada 3 September kemarin malam menimbulkan insiden kerusuhan penonton yang menyebabkan hampir belasan korban luka – luka berjatuhan. Tepatnya saat tiba lagu Bento dinyanyikan oleh Iwan pada Pukul 22.00.

Belum diketahui penyebab pasti kerusuhan. Namun menurut penuturan salah satu korban bernama Fahri kepada Majalahayah.com, kerusuhan bermula ketika penonton yang berada disisi kanan arah panggung melempari kerumunan penonton lainnya ditengah panggung.

Remaja asal Cengkareng ini pun terkena lemparan batu, mengakibatkan kepalanya bocor. Akibat ulah penonton yang tak bertanggung jawab itu, sontak kerumunan penonton lainnya yang juga berada ditengah panik dan berhamburan menjauhi panggung.

Melihat situasi ricuh, kepolisian menembakkan peluru peringatan dan gas air mata untuk membuat massa tenang kembali. Namun hal ini justru membuat penonton makin berdesakan bergegas menjauh karena efek gas air mata.

Pagar besi didalam areal panggung dilompati oleh penonton yang ingin menyelamatkan diri. Fahri yang dalam keadaan kepala bersimbah darah, juga bersusah payah keluar bersama kerumunan penonton lain. Sampai kemudian dapat ditolong petugas dan dibawa ke posko medis untuk mendapat perawatan.

Sementara seorang pria tampak menggendong anak kecil yang mengalami patah lengan. Terhalang pagar besi, ia pun meminta tolong penonton lain untuk gantian menggendong anak itu ke posko medis. Seorang perempuan pun tampak ditandu oleh petugas karena pingsan kehabisan nafas.

Di sekitar lapangan juga di kelilingi pagar seng yang telah dijebol paksa oleh massa yang terperangkap. Hantaman demi hantaman dari massa yang berusaha menjebolnya terdengar keras.

Massa yang kalap akibat efek dari gas air mata berusaha mencari air untuk membasuh muka. Alhasil massa menjarah air mineral gelas yang terdapat ditenda. Sempat terjadi kericuhan pula disini karena massa yang memaksa mengambil nya mendapat halangan petugas.

Yos, panggilan akrab Rossana isteri Iwan Fals berkata di panggung, pihaknya berencana akan kembali menggelar konser serupa tahun depan. Namun meminta OI berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi insiden serupa. Yos berkata berjanji kepada diri sendiri lebih sulit dibanding kepada orang lain.