Foto : kesehatanbadaninfo.blogspot.com
Majalahayah.com – Berharap bisa langsung tidur siang? Masih sulit tidur saat malam hari? Kita tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan yang bisa digunakan untuk merangsang ngantuk. Makanan-makanan ini selain mudah didapatkan juga cukup sering kita gunakan untuk konsumsi.

Dilansir dari detikhealth, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan kantuk. Karena mengaktifkan beberapa enzim dan protein yang berperan besar dalam proses tidur.

1. Kacang almond dan walnut

Kacang-kacangan jenis ini ditengarai tinggi antioksidan. Kacang walnut khususnya tinggi akan trytophan, salah satu enzim yang fungsinya membangkitkan melatonin yang berfungsi sebagai jam tubuh.

Sementara kacang almond kaya akan magnesium, mineral yang dipercaya bisa meringankan sakit kepala dan membuat tidur lebih berkualitas.

2. Madu

Madu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Konsumsi madu akan meningkatkan produksi insulin dan membuat enzim trytophan lebih mudah masuk ke otak dan menyebabkan ngantuk.

3. Selada

Siapa sangka, selada selain mengandung serat juga tinggi kandungan lactucarium, zat mirip opium yang bisa membuat seseorang merasa ngantuk. Untuk mendapatkan efeknya secara maksimal, suir 4-5 daun selada dalam satu mangkuk air panas dan diamkan selama 15 menit, lalu minum airnya.

4. Tuna

Ikan laut seperti tuna, halibut atau salmon kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 memiliki fungsi untuk menjaga serotonin dan melatonin pada tubuh berfungsi normal.

5. Teh kamomil

Teh kamomil bisa membantu Anda masuk ke fase relaksasi yang menghadirkan kantuk. Hal ini karena teh kamomil dapat meningkatkan kadar glycine dalam tubuh, protein yang berfungsi membuat tubuh dan otot lebih rileks.

6. Daging rusa

Daging rusa mengandung trytophan 2 kali lebih banyak daripada daging ayam dan daging merah lainnya. Bisa dipastikan Anda langsung merasa ngantuk setelah makan makanan ini. (/RK)

Sumber