Majalahayah.com, Jakarta – Zakat Fitrah afdhol-nya dibayarkan pada malam Hari Raya Idul Fitri. Namun melihat situasi masyarakat di bulan Ramadhan saat ini yang terdampak Covid-19, bolehkah zakat fitrah dikeluarkan sekarang?

Ustadz Ahmad Fauzi Qosim dari Dompet Dhuafa menyatakan Jumhur ulama (mayoritas ulama) membolehkan zakat fitrah ditunaikan sejak awal Ramadhan, sebagaimana termaktub dalam salah satu kitab ulama Mazhab Syafii:

وَيَجُوزُ تَقْدِيمُ الْفِطْرَةِ مِنْ أَوَّلِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِاَنَّهَا تَجِبُ بِسَبَبَيْنِ صَوْمِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَالْفِطْرِ مِنْهُ فَإِذَا وُجِدَ أَحَدُهُمَا جَازَ تَقْدِيمُهَا عَلَى الْآخَرِ كَزَكَاةِ الْمَالِ بَعْدَ مِلْكِ النِّصَابِ وَقَبْلَ الْحَوْلِ ……

Artinya, “Boleh mendahulukan zakat fitrah dimulai dari awal puasa Ramadhan sebab zakat fitrah wajib karena dua sebab yaitu puasa Ramadhan dan berbuka dari puasa (al-fithru minhu). Dengan demikian ketika dijumpai dari salah satu keduanya maka boleh mendahulukan zakat fitrah atas yang lain seperti kebolehan mendahulukan zakat mal setelah sampai nishab dan sebelum haul… ,” (Lihat Abu Ishaq Asy-Syirazi, Al-Muhadzdzab fi Fiqhil Imamis Syafi’i, Beirut-Darul Fikr, tt, juz I, halaman 165).

Hal ini menguatkan Fatwa MUI nomor 23 tahun 2020, tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqah untuk Penanggulangan Covid-19 dan Dampaknya.

Tak hanya MUI, Nahdlatul Ulama sebagai ormas keagamaan terbesar di Indonesia juga menyerukan kepada umat Islam agar mengeluarkan zakat sejak awal Ramadhan. Percepatan pengeluaran zakat ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, di tengah-tengah wabah corona atau COVID-19 ini.

”Bismillah, saya Said Aqil Siroj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), mengimbau kepada umat Islam agar mengeluarkan Zakat Maal (Zakat Tijarah), Zakat Pertanian (Zira’ah) dan Zakat Fitrah dipercepat di awal bulan Ramadhan ini, dalam rangka membantu masyarakat yang tidak mampu di tengah-tengah wabah Corona ini,” ujar Kiai Said Aqil.

Ia juga mengajak masyarakat agar menunaikan zakat sesegera mungkin melalui lembaga resmi. Salah satunya bisa disalurkan melalui Ucare Lazisnu.

“Bersama-sama kita mencegah COVID-19, semoga amal zakat kita diterima Allah SWT bermanfaat untuk kita bersama dan kita hidup bahagia dunia akhirat,” sambungnya.