Majalahayah.com, Jakarta – Ayah Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap, dikabarkan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Moskow, Rusia, akibat komplikasi berbagai penyakit, termasuk infeksi Covid-19. Pria berkebangsaan Rusia itu wafat pada usia 57 tahun.

Abdulmanap Nurmagomedov awalnya dilarikan ke rumah sakit di Makachkala pada medio April 2020. Pelatih bela diri campuran (MMA) itu diketahui menderita serangan jantung. Berdasarkan diagnosa dokter, serangan jantung itu diakibatkan oleh Covid-19.

Kondisinya sempat sangat parah sehingga tim medis di Makachkala memutuskan untuk menerbangkan Abdulmanap ke Ibu Kota Moskow guna mendapatkan perawatan lebih lanjut. Hasil tes menunjukkan ayah dari Khabib itu reaktif terhadap virus Corona.

Melansir dari Russia Today, Jumat (3/7/2020), kondisi itu menyebabkan tim medis memutuskan melakukan tindakan operasi bypass. Sebelumnya, Abdulmanap sengaja dibuat koma sebanyak dua kali. Setelah tindakan operasi itu, kondisinya dikabarkan serius tetapi stabil dalam ruang rawat intensif.

Sayangnya, Abdulmanap harus menyerah dalam perlawanan terhadap penyakitnya. Kabar almarhum meninggal dunia pertama kali diungkapkan oleh Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov, yang juga merupakan kerabat dekat keluarga Nurmagomedov.

Kepergian Abdulmanap Nurmagomedov sedikit banyak bakal mempengaruhi karier Khabib. Sebab, petarung berusia 31 tahun itu sering dilatih oleh almarhum ayahnya. Abdulmanap memang bukan pria sembarangan. Sebab, almarhum menguasai teknik bela diri khas Rusia, Sambo, hingga dijuluki Ayah dari Petarung MMA asal Dagestan.