Ayah Juga Perlu Cuti Melahirkan, Alasannya

Ayah Juga Perlu Cuti Melahirkan, Alasannya

170
0
SHARE
Bayi dan ayah. Sumber www.pinterest.com

Majalahayah.com, Jakarta РPeraturan terkait cuti melahirkan  di Indonesia pada ibu bekerja, boleh dibilang diterapkan dengan cukup baik. Cuti selama tiga bulan dengan gaji tetap dibayarkan.

Sementara cuti ‘melahirkan’ untuk para ayah belum begitu familiar dan dirasa penting untuk diterapkan. Padahal peran ayah di hari-hari pertama bayi juga sangat dibutuhkan. Selama ini ketika seorang suami yang bekerja dan ingin mendampingi istri melahirkan biasanya mengajukan izin saja.

Ada juga kantor yang memperbolehkan cuti 3 hari, tapi tidak semua menerapkannya. Negara-negara maju sudah mulai menerapkan cuti melahirkan untuk ayah karena menganggap pentingnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan.

Dikutip dari Fatherly, sudah banyak penelitian yang mengungkap dampak positif dari keterlibatan pengasuhan ayah saat anaknya masih bayi. Bukan hanya untuk sang anak tapi juga kondisi psikologis ayah.

” Kehamilan dan persalinan akan mengasah insting dari ibu, sementara ayah membutuhkan waktu yang berkualitas bersama anaknya agar instingnya terasah. Hal ini seperti menyalakan tombol pengasuhan di otak ayah,” kata Paul Raeburn, psikolog dan penulis buku Do Fathers Matter? What Science Is Telling Us About the Parents’.

Cuti bagi ayah juga akan sangat membantu bagi ibu. Mendampingi ibu selama mengurus bayi dan terlibat aktif sangat efektif untuk menekan risiko depresi pasca melahirkan. Hubungan ayah dan ibu pun kian kompak dan bisa menjalani transisi adanya anak dengan baik.

” Mungkin terdengar aneh mengapa ayah membutuhkan cuti melahirkan. Ingat, ketika seorang anak lahir, ibu dan ayahnya juga lahir sebagai pribadi yang baru. Mereka membutuhkan waktu untuk saling beradaptasi, membangun keintiman yang sangat berdampak pada kondisi psikologis masing-masing,” ujar Raeburn.

Untuk itu para ayah, usahakan mendampingi istri saat melahirkan. Jika memang kantor mengizinkan, ambillah cuti selama 3 hingga 5 hari. Efeknya akan sangat besar bagi Anda dan keluarga.

LEAVE A REPLY