Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: Foxnews)

Majalahayah.com, Jakarta – Amerika Serikat (AS) secara resmi memberikan pemberitahuan untuk keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di saat kasus virus corona di negara itu melonjak tajam. Pemberitahuan itu disampaikan secara resmi oleh Gedung Putih kepada Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada April, Presiden Donald Trump membekukan dana AS untuk WHO dan mengumumkan niatnya untuk keluar dari badan PBB itu sebulan kemudian. Ia menuduh organisasi itu bias, condong pada China dalam penanganan wabah virus corona dan menuntut reformasi.

Kita telah merinci reformasi yang harus dibuat dan melibatkan mereka secara langsung, tetapi mereka menolak untuk bertindak. Karena mereka gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan,hari ini kita akan memutuskan hubungan,” kata Trump pada Mei.

Diwartakan VOA, menurut aturan WHO, negara mana saja yang hendak keluar dari organisasi itu harus memberi pemberitahuan satu tahun sebelumnya. Jika Trump kalah dalam pemilihan November, presiden berikutnya bisa memutuskan untuk tetap menjadi anggota.

Amerika memimpin dunia dengan kasus Covid-19 terbanyak, yaitu dengan hampir 3 juta penderita dan hampir 131.000 kematian.

Pakar kesehatan AS menyebut tindakan presiden itu picik dan menghancurkan kerja sama selama puluhan tahun dalam memerangi semua penyakit.