Majalahayah.com, Jakarta – Rumah yang bersih bisa menjadi tempat yang nyaman dan santai untuk berkumpul dengan keluarga. Namun, tanpa disadari, kita sering melewati area tempat tumbuhnya jamur loh.

Jamur bisa memenuhi rumah dan menimbulkan masalah kesehatan. Seringkali kita tak menyadari jamur tumbuh di beberapa bagian rumah, sampai muncul bercak hitam atau bau tak sedap.

Kondisi lembab, biasanya akan memicu pertumbuhan jamur. Bisa dekat area bak cuci piring, wastafel atau yang dekat sumber air. Bisa juga muncul karena adanya kebocoran.

Berikut area yang sering ditumbuhi oleh jamur dikutip dari Martha Steward.

Kulkas

Satu tempat yang kerap ditumbuhi jamur adalah di lipatan segel karet di sekitar pintu kulkas. Sering juga di pintu karet mesin cuci. Penting untuk membersihkannya secara berkala.

Sobat bisa memanfaatkan cuka putih dan spons yang ada di runah. Bersihkan bagian karet yang dipenuhi jamur, dengan spons yang telah dilumuri cuka. Diamkan sebentar, bilas dengan lap kering dan keringkan.

Jendela

Banyak yang tak menyadari kalau jendela sangat mudah ditumbuhi jamur. Biasanya, muncul bercak-bercak hitam di bagian samping atau bawah. Jamur ini sudah bercampur dengan debu sehingga warnanya kehitaman.

Bersihkan jendela secara teratur dengan cara menyemprotkan ramuan pemutih atau yang mengandung hidrogen peroksida.

Bak cuci piring

Bagian bawah karet di bak cuci piring merupakan pusat pertumbuhan jamur. Sangat direkomendasikan untuk membersihkannya secara teratur menggunakan cuka putih untuk menghilangkan jamur penyebab bau.