Home Parenting Apakah Pelukan Ibu dapat Menambah Kekebalan Tubuh Anak?

Apakah Pelukan Ibu dapat Menambah Kekebalan Tubuh Anak?

465

´╗┐Majalahayah.com, Jakarta  – Selain obat untuk meredakan sakit si kecil, faktanya pelukan sang bunda pun turut andil lebih dominan dalam mengobati sang buah hati.
Hal tersebut sudah tertuliskan di sebuah artikel di jurnal Scientific American.

Menurut para ahli, otak bayi yang baru lahir haus akan pengalaman, rangsangan dan emosi yang dapat membangun saraf serta meningkatkan volume otak dan menciptakan struktur otak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Development and Psychopathology menemukan bahwa banyak bayi menderita tingkat stresemosional yang tinggi di di panti asuhan Rumania selama 1980-an. Hal ini diduga terkait dengan imunitas yang rendah dan kurang kontak fisik.

” Kurangnya kontak fisik orangtua akan membuat anak mengalami stres. Dan studi ini menemukan, tingkat stres tinggi pada bayi usia delapan bulan pertama memiliki risiko IQ lebih rendah dan tingkat kecemasan yang tinggi,” ungkap peneliti, seperti dilansir Step to Health.

Tidak ada yang begitu naluriah, kuat, dan menyembuhkan selain pelukan kasih sayang dari orang yang dicintai. Hal ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan koneksi saraf pada bayi.

Para ahli bahkan merekomendasikan hal ini hingga anak-anak berusia empat atau lima tahun. Kebiasaan ini dianggap akan meningkatkan kekebalan tubuhnya. Tetap periksakan ke dokter jika kondisinya mengkhawatirkan, tapi ingat berikan pelukan sebanyak-banyaknya.