Majalahayah.com, Jakarta- Banyak yang  beranggapan bahwa kopi dapat membuat tubuh dehidrasi. Hal ini karena setelah minum kopi kita merasa lebih sering ingin buang air kecil. Benarkah demikian?

Sebenarnya bukan hanya kopi yang memicu kita sering ke toilet, namun juga minuman lainnya yang mengandung kafein seperti soda dan teh.

“Kafein memiliki efek diuretik yang akan membuat kita buang air kecil lebih sering daripada saat normal,” kata Ahli Penyakit Dalam dan spesialis obat-obat obesitas, Charlie Seltzer, MD kepada PopSugar dilansir dari kompas.

Proses ini membuat tubuh lebih banyak kehilangan sodium dan air. Jika terus menerus terjadi akan berakibat tubuh menjadi kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dalam takaran yang sama, kata dia, minuman berkafein akan mengeliminasi lebih banyak air ketimbang jika mengkonsumsi air biasa.

“Mengonsumsi kopi dalam ukuran delapan ons akan membuat tubuh terhidrasi daripada tidak meminum apapun. Tapi efek hidrasinya akan lebih sedikit daripada minum delapan ons air,” kata Dr Seltzer.

Jadi, secara teknis minum kopi memang membuat dehidrasi. Tapi, sangat kecil dampaknya dan tidak akan merusak sistem tubuh secara keseluruhan.

Bahkan jika kamu tergolong pecinta kopi, meminum beberapa gelas kopi (dalam jumlah wajar) masih tak menjadi masalah.

Hanya saja, sebaiknya kita tetap mengutamakan konsumsi asupan air putih yang jauh lebih sehat bagi tubuh.