Foto : Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo. (Majalahayah.com/YT)

Majalahayah.com, Jakarta – Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo membeberkan alasan dirinya menggagas acara doa bersama dan Muroja’ah dalam memperingati kemerdekaan RI ke-72 hari ini.

Dirinya mengatakan kemerdekaan bangsa Indonesia karena kebesaran dan berkat rahmat Allah SWT. Melalui doa, ia ingin rakyat Indonesia selalu mengingat rahmat kemerdekaan yang telah Allah berikan.

“Kita sebagai penikmat, kalo tidak ingat (rahmat Allah) gimana? kita tinggal menikmati saja,” katanya kepada awak media seusai acara di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (17/8/2017).

Ia berharap agar rahmat tersebut bisa tetap dicurahkan kepada bangsa Indonesia dengan penuh kasih sayang dari Allah. Selain itu, Gatot beralasan pemilihan waktu yang bagus.

“Saya hanya merencanakan. Kebetulan waktunya bagus, jam 17, tanggal 17, 2017,” imbuhnya.

Namun, Gatot yang juga mantan KSAD itu lalu menegaskan bahwa masyarakat datang atas kesadaran sendiri tanpa paksaan.

“Kesadaran dan hati nurani. Semuanya dateng sendiri, gak ada yang maksa. Saya hanya memfokuskan saja, dengan penuh kebahagiaan (masyarakat datang),” tuturnya.

Lebih lanjut, Gatot seraya menegaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika harus diterapkan. Ia pun mengajak masyarakat bersama-sama merawat kemerdekaan Indonesia dan menjaga Pancasila.