Animo Masyarakat Tinggi, Zulhas Minta Kader PAN Mengalah dalam Proses Pendaftaran Caleg

Animo Masyarakat Tinggi, Zulhas Minta Kader PAN Mengalah dalam Proses Pendaftaran Caleg

30
SHARE

Majalahayah.com, Jakarta – Ketua Umum DPP PAN, Zukifli Hasan meminta kader partainya mengalah dalam proses pendaftaran calon legislatif dari tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi hingga DPR RI untuk Pemilu 2019 mendatang. Dia melihat, masih banyak animo masayarakat yang harus ditampung.

“Banyak animo dari masyarakat yang ingin mendaftar. Mereka merasa enggak cukup, marah-marah di luar, sehingga ingin memperbaiki negara dari dalam dengan menjadi anggota DPR. Saya minta kader mengalah,” ujar Zulkifli di kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (12/04/2018).
Dia juga mengungkapkan, dengan banyaknya animo dari eksternal partai, maka komposisi calon legislatif dari PAN akan berubah. Sekitar 30 persen dari kader, dan sisanya eksternal. Perubahan komposisi ini juga untuk menyesuaikan kesiapan kader PAN.
“Awalnya 50:50 antara kader dan non kader. Sekarang jadi 70:30. 30 persen kader, 70 persen dari eksternal,” kata Ketua MPR tersebut.
Zulkifli menjelaskan, syarat dari PAN untuk masyarakat yang minat tidaklah mudah. Salah satunya harus memiliki kompetensi lebih baik dari kader.
“Mereka harus punya kompetensi lebih baik dari kader yang ada, sehingga kader bisa mengalah,” ucapnya.
Selain itu, dia mengungkapkan, khusus masyarakat yang mendaftar dan lolos seleksi, nanti akan diberi pelatihan khusus. “Kita nanti akan ada untuk masyarakat yang lolos seleksi,” pungkasnya.