Foto : Paslon nomor urut 2 Anies-Sandi beserta Prabowo saat kampanye Pilgub DKI. Sumber : twitter @sandiuno

Majalahayah.com, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan semua anak yang masih berusia sekolah, akan mendapatkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) plus. Termasuk anak berkebutuhan khusus.

Anies mengatakan, anak berkebutuhan khusus akan dipastikan mendapatkan KJP Plus. Bahkan angkanya cukup besar. “Ada belasan ribu yang tercatat. Kami mengira banyak orang tua belum menyadari kebutuhan khusus anaknya. Ada beberapa yang baru terlihat kebutuhan khususnya, ketika umurnya mencapai usia tertentu,” ujar Anies di kawasan Semper Barat, Kamis pagi (2/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menilai bahwa seseorang akan berbeda-beda ketika melihat anak berkebutuhan khusus. Sebagian orang, sambung Anies, menganggap anak demikian sebagai anak cacat atau anak disabel. Padahal, anak tersebut adalah anak difabel (different ability) atau memiliki kemampuan yang berbeda.

“Karenanya kebutuhan setiap anak difabel pun berbeda. Pengalaman pribadi. Saya melihat anak buta dan autis. Ternyata bakatnya ada di musik. Ketika main musik, anak itu luar biasa,” ungkap Anies.

Inisiator gerakan Indonesia Mengajar ini kemudian berkomitmen agar program KJP Plus dapat dinikmati oleh anak-anak berkebutuhan khusus. Selama ini, Anies menemukan bahwa anak berkebutuhan khusus didiamkan dan akhirnya sulit mandiri nantinya.

“Memang biaya pendidikan anak kebutuhan khusus biayanya tinggi. Karenanya, KJP Plus akan mengcover itu semua,” ujar Anies.