Majalahayah.com, Jakarta – Kabar duka datang dari keluarga presiden ke 6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Sang istri, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, meninggal dunia pagi ini, Sabtu 1 Juni 2019, di National University Hospital Singapura.

Ani Yudhoyono menghembuskan nafas terakhirnya setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif di ruang Intensive Care Unit (ICU). Kondisi tubuh Ani Yudhoyono mengalami penurunan karena demam tinggi yang secara tiba-tiba menyerangnya.

Ani Yudhoyono mulai masuk ruang ICU pada Rabu (29/5/2019) sore. Hal itu merupakan kali kedua Ani Yudhoyono masuk ke ICU, selama menjalani pengobatan sakit kanker darah sejak bulan Februari 2019.

Kanker darah pada orang dewasa, atau yang biasa disebut juga Adult acute myeloid leukemia (AML), memang tergolong penyakit yang cukup fatal.

Berikut rangkuman fakta-fakta penyakit kanker darah dewasa akut, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Penyakit ini menyerang sumsum tulang yang membuatnya memproduksi myeloblast, alias sel darah putih ganas dan abnormal, yang akhirnya menyebar ke seluruh tubuh.

2. Pada kanker darah akut, kondisi ini berlangsung dengan cepat. Sehingga sel darah putih yang abnormal menyerang organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, hati, limpa, dan sistem saraf pusat.

3. Lelaki perokok dan berusia di atas 60 tahun merupakan kelompok paling berisiko mengalami penyakit kanker darah ini.

4. Pengobatan kemoterapi atau radiasi akibat penyakit kanker, serta paparan radiasi karena bahan-bahan kimia, turut meningkatkan risiko terserang kanker darah.